Festival Candi Bumi Ayu Segera Digelar

51

Sumateranews.co.id, PALI- Semakin dikenalnya situs Candi Bumi Ayu yang berada di Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tentu akan mendongkrak pengunjung untuk datang ke kawasan percandian tersebut. Maka dengan itu semakin meningkatnya pengunjung, tentu perlu fasilitas lengkap agar wisatawan baik dari lokal maupun dari luar daerah merasa nyaman dan akan segera berkunjung kembali.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten PALI melaui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten PALI saat ini tengah membangun plaza kuliner, plaza cindera mata, gedung pusat informasi, sarana ibadah, dan ruang ganti yang letak bangunannya berada persis di samping gedung pentas seni komplek Percandian Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang.

Bupati PALI Ir H. Heri Amalindo MM mengucapkan syukur alhamdulilah dengan adanya peninggalan leluhur Candi Bumi Ayu, dengan ini Kabupaten PALI memiliki tempat wisata yang terus akan dikelola selain untuk menjadi peribadatan sembahyang umat Hindu juga akan menjadi destinasi wisata di Bumi Serepat Serasan.

“Alhamdulilah ya sesuatu yang luar biasa yang tidak dimiliki 16 kabupaten kota lainnya yang ada di Sumatera Selatan. Dengan adanya peninggalan candi ini juga menjadi ladang rezeki bagi warga sekitar yang mana dapat dimanfaatkan untuk berdagang karena seringnya datang pengunjung, baik dari luar maupun lokal PALI,’’ ujar Bupati saat dikonfirmasi media ini.

Menyambung ungkapannya, Bupati PALI bersama jajaranya terus akan membangun dan menjadikan objek wisata Candi Bumi Ayu. “Karena ini merupakan aset yang sangat berharga, tentu kami akan membangun sarana dan prasarana,’’ ungkapnya.

Saat dikonfirmasi Yunimawati SP MS.i selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendirikan bangunan Plaza Kuliner, Plaza Cinderamata, Gedung TIC Info Center, Kamar Kecil, Ruang Ganti, Mushola, Gerbang, dan Penerangan.

“Pembangunan itu bersumber dari DAK tahun 2019 ini, dan akhir tahun ini direncanakan rampung,” tegasnya, Kamis 12 September 2019.

Pembangunan beragam plaza tersebut, menurut  Kadin Disbudpar untuk persiapan Festival Candi Bumi Ayu nantinya.

“Diprediksi saat festival bakal ada ribuan pengunjung. Apabila sarana serta fasilitas lengkap, ada kesan tersendiri bagi pengunjung terutama dari luar daerah untuk kembali mengunjungi Candi Bumi Ayu serta bisa memberikan nilai tambah terhadap adanya situs itu,” tukasnya.

Meski bangunan itu masih tahap pengerjaan, namun kawasan percandian tetap ramai, terlebih menjelang liburan atau akhir pekan.

“Pada kawasan percandian ada gedung koleksi dan gedung pentas seni. Ini yang menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Candi Bumi Ayu. Hanya saja, untuk gedung koleksi dibuka saat hari kerja, oleh karena itu, kami usulkan ke BPJB Jambi sebagai pengelola untuk membuka gedung koleksi setiap hari, agar pengunjung terus bertambah,” tandasnya.

Laporan      : Anelka

Posting       : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here