Fasilitor Forum Anak Kabupaten Karo Kunjungi Anak Dampak Sinabung

0
216

Sumateranews.co.id, SUMUT- Pasca meletusnya Gunung Sinabung, Fasilitator Forum Anak Karo kedua kalinya mengunjungi desa terdampak Gunung Sinabung, Sabtu (24/2) di Desa Payung dan Batukarang. Sebelumnya Fasilitator Forum Anak bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kabupaten Karo Dr. Hartawaty Tarigan ke Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Munthe.

Kepala Dinas PPPA Dr. Hartawaty menjelaskan bahwa kehadiran Dinas bersama Forum Anak untuk memastikan anak-anak aman setelah letusan besar terakhir, Senin (19/2) lalu.

“Sehat dan aman merupakan terpenting. Setelah itu hasil kunjungan kita nanti, kita akan mengajukan permohonan bantuan kepada kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,’’ ujarnya.

Fasilitator Forum Anak saat kunjungan kedua ke Desa Payung dan Batukarang dimanfaatkan untuk bermain dan bernyanyi bersama anak anak. Menurutnya, kegiatan itu bertujuan untuk mencegah mental rusaknya mental anak yaitu dengan memperbanyak kegiatan menyenangkan bersama anak anak.

“Hal-hal kecil yang bisa kami lakukan untuk membantu Pemerintah melindungi anak, sehingga anak-anak menjadi generasi penerus yang cerdas,” jelasnya.

Ditambahkannya lagi kalau pemahaman tentang Bahaya Narkoba sudah cukup jelas kepada anak-anak di desa juga selayaknya masyarakat ikut mengapresiasi guru-guru.

“Tadi anak-anak belum mau menerima makanan dari kami, karena pesan guru mereka tidak boleh sembarangan menerima saat diberi makananan dari orang tidak dikenal. Setelah kami memperkenalkan diri akhirnya mereka mau bermain, bernyanyi dan berdiskusi bersama kami,’’ aku Amsalta yang juga mantan ketua Forum Anak Kab. Karo ini.

Turut mendampingi Amsalta Sinuhaji untuk menghibur anak anak dalam kunjungan tersebut yaitu Pemain Gitar Jherry Pinem (Mahasiswa UNPRI MEDAN ) dan Pemain Saxophone Boy Bearon Ginting (Mahasiswa Etnomusokologi USU).

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali