HeadlineOKIPemiluSumsel

FANTASTIS !!! KPU OKI Anggarkan Launching Pilkada OKI 2024 Rp1 Miliar

OKI – Sangat miris, di tengah keterbatasan anggaran dan kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) justru membuat kegiatan yang terkesan foya-foya.

Pasalnya, untuk menyelenggarakan kegiatan peluncuran (launching) Pilkada OKI tahun 2024, KPU OKI menganggarkan dana hingga Rp1 Miliar untuk sekedar mengundang artis dalam kegiatan tersebut.

Ketua KPU OKI, Muhammad Irsan melalui Sekretaris KPU, Ani Septiana SHi MSi membenarkan bahwa KPU OKI akan menggelar kegiatan launching Pilkada OKI pada tanggal 12 Juni 2024.

“Ya memang kita gelar acara launching pilkada yang rencananya akan dilaksanakan Rabu malam Kamis nanti,” ujar Ani, saat dikonfirmasi wartawan grub SMSI OKI, di ruang kerjanya, Senin (10/6/2024).

Menurut dia, kegiatan tersebut akan dilaksanakan oleh pihak ketiga termasuk menyediakan bintang tamu dan artis yang akan tampil pada tersebut.

“Anggarannya Rp1 miliar dan itu sudah melalui prosedur pengadaan,” katanya.

Sambung dia, launching ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa tahapan pilkada saat ini sudah dimulai.

Seperti diketahui pada Pilkada 2024, KPU OKI menerima hibah dari Pemkab OKI sebesar Rp86 miliar dan Rp5 miliar dari dana sharing KPU provinsi Sumsel, dan saat ini 40 persen anggaran sudah dicairkan untuk kebutuhan seluruh kegiatan KPU OKI, termasuk honor. Dari anggaran tersebut digunakan untuk launching Pilkada OKI 2024.

Pihaknya meyakini saat ini masyarakat belum banyak yang tahu bahwa saat ini tahapan pilkada telah dimulai, oleh sebab itu melalui kegiatan launching tersebut akan memberikan informasi kepada masyarakat.

“Memang gema pilkada ini kalau masyarakat menengah termasuk media sudah tau, tetapi masyarakat awam pasti belum tau, oleh sebab itu melalui launching ini kita harapkan dapat tersampaikan,” ucapnya.

Ketika ditanya terkait dengan pihak ketiga yang memenangkan tender, Ani menyebut berasal dari Polres, namun ia tidak menyebut bahwa Polres mana yang dimaksud.

“Ini lewat e-katalog pak walaupun dari Polres, namun kalau tidak cukup syarat maka kita juga tidak bisa memprosesnya,” jelas Ani seraya mengatakan bahwa penunjukan pemenang ini sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

Sementara itu, salah seorang pemilik  Event Organizer (EO) dari Palembang yang enggan ditulis nanya mengatakan, untuk membuat acara launching pilkada dengan mengundang artis sekelas kangen band dan bintang pendukung lainnya ada dikisaran Rp.400 – 500 juta.

“Saya rasa itu banyak lebihnya untuk kegiatan launching pilkada, namun saya juga tidak tahu apa saja isi di dalam acara launching tersebut sehingga anggarannya Rp1 miliar,” tuturnya.

Terpisah, Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk menyatakan, pihaknya fokus pada pengamanan acara dengan melakukan rapat koordinasi di Polres, pengecekan administrasi dan rekomendasi kegiatan, untuk memperoleh izin keramaian yang dikeluarkan oleh Polda.

“Kami tanyakan dan pastikan ya, untuk kesiapannya administrasi, sekalian kami sampaikan potensi, dan ancaman gangguan kamtibmas. Kita juga sarankan agar acara bisa dilakukan lebih awal sehingga tidak sampai larut malam,” ungkapnya. (SMSI OKI)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button