Engkos, Manfaatkan Lahan Hingga Jadi Andalan

0
151

Sumateranews.co.id, LAHAT- Kegigihan dan ketekunan seseorang tentu akan berbuah manis. Hal itulah yang dilakukan Engkos Kosasi di tahun 1984 lalu saat dirinya masih jadi tenaga honorer di Pemkab Lahat. Usai kerja, waktu luang Engkos dimaksimalkan buat menggarap lahannya hingga menjadi sebuah kolam.

Kini, Engkos yang sehari-harinya berdinas di Kabid Perkebunan dan Pertanian Lahat mulai memetik hasilnya. Jika awalnya hanya ikan koi yang dipelihara, maka sekarang ada ikan patin, lele, nila, dan gurami serta. Hasilnya, bukan hanya menjadi andalan lauk-pauk keluarga tapi berkat kegigihannya itu dapat menjadi andalan keuangan dalam menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi.

Saat Sumateranews.co.id, Jumat (20/10) tampak Engkos sedang memberikan pakan kepada ikan-ikannya. ‘’Alhamdulillah, ternak ikan saya ini merupakan surga bagi keluarga. Sebab, selain anak istri saya bisa menikmati dan memperoleh gizi yang tinggi, maka juga diandalkan untuk membayar anak kuliah,’’ cetusnya, sumringah.

Untuk ikan koi dijual dari harga satu ekor sepuluh ribu hingga sudah jadi ikan hias mencapai 300 ribu. ‘’Pembeli datang sendiri serta ada juga yang ingin belajar cara berternak mereka datang dari Lahat dan luar Lahat seperti  dari Kecamatan Kota Agung, Jarai, Mulak Ulu, Kikim Area, Gumay Talang bahkan dari Tanjung Enim,’’ tegasnya.

Laporan             : Novita

Editor/Posting     : Imam Ghazali