Empat Pembobol ATM Lintas Provinsi Dibekuk Tim Srigala Polres OI

0
377

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Tim Srigala Sat Reskrim Polres Oi berhasil mengungkap kasus curat dengan modus operandi “ganjal lubang kartu ATM dan menukar Kartu ATM milik korban“, yang dilakukan komplotan pelaku yang berjumlah 4 orang. Dengan TKP galeri ATM SPBU TPI Kec Indralaya Kabupaten OI baru-baru ini.

Aksi curat tersebut dilakukan oleh pelaku dengan peran masing-masing yakni Aco (32) warga Jalan Lintas Timur Kel. Rajabasa Kec. Labuhan Ratu Kab. Lampung Timur berperan memasukkan tusuk gigi ke lubang kartu ATM, pura-pura bantu korban, menukar kartu ATM korban, Jenny Silvia (23) warga Jalan Gang Maat RT 01 RW 04 Desa Setia Darma Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi Jawa Barat berperan mengamati/mengintip kode PIN ATM saat korban menekan PIN, menghalang-halangi korban jika curiga dan hendak mengejar tersangka, Edi Saputra (29) warga Dusun Tridatu Desa Rajabasa Kec. Labuhan Ratu Kab. Lampung Timur berperan mengawasi situasi sekitaran luar ATM, Rudi (34) warga Jalan Lintas Timur Kel. Rajabasa Kec. Labuhan Ratu Kab. Lampung Timur berperan menunggu di dalam mobil dan memantau situasi aksi.

Kejadian tersebut telah dialami oleh korban Fahrudin Firman (31) warga Dusun IV Desa Sakatiga Kec.Indralaya Kab. Ogan Ilir pada saat dirinya datang ke galeri ATM yang berada di dalam area SPBU TPI Indralaya dengan tujuan melakukan transaksi transfer uang. Namun pada saat korban memasukkan kartu ATM nya, tiba-tiba kartu ATM tsb tidak bisa masuk dan datanglah pelaku menawarkan bantuan dan menukar ATM milik korban.
Adapun modus operandi pencurian tersebut Para pelaku mencari lokasi ATM yang tidak ramai/sepi. Pelaku mengganjal lubang mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi yang ujungnya sudah diwarnai hitam untuk kamuflase. Pelaku berpura-pura menolong korban bantu masukkan kartu ATM milik korban, dan dengan cepat langsung menukar kartu ATM tersebut. Saat kartu ATM palsu masuk ke dalam mesin ATM, para pelaku memperhatikan KODE PIN milik korban. Setelah KODE PIN didapat, pelaku kabur dan langsung menguras habis (tarik tunai) saldo uang korban di ATM tempat lain.

Kapolres OI AKBP Gazali Ahmad SIk MH melalui Kasat Reskrim AKP Malik Fahrin SH mengungkapkan bahwa setelah mendapat informasi ada warga yang kartu ATM nya telah ambil dan ditukar oleh orang tidak dikenal di galeri ATM SPBU TPI. Atas informasi awal tersebut anggota langsung menuju TKP dan langsung melakukan penangkapan terhadap 1 (satu) pelaku.

Setelah diinterogasi awal dan digeledah badan, didapatilah BB kartu ATM milik korban berisikan saldo uang sebesar Rp. 17.100.000 (tujuh belas juta seratus ribu rupiah). Selanjutnya Tim Srigala melakukan Pengejaran dan Penutupan (JARTUP) terhadap pelaku lain 3 (tiga) orang yang kabur menggunakan mobil Honda Brio warna silver. Dan ketiga pelaku tersebut berhasil ditangkap di depan Klinik Rumah Bersalin Ar Rahman Komplek Persada Kec. Indralaya Kab. Ogan Ilir. Pada saat penangkapan para tersangka, terdapat salah satu tersangka melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri, setelah diberikan peringatan tapi tidak dihiraukan, maka 1 (satu) tersangka diberi tindakan tegas terukur sehingga berhasil dilumpuhkan,” tegas Kasat pada saat Pers Relaese Selasa (21/8/2018).

Dari hasil pemeriksaan terhadap para tersangka didapatkan keterangan bahwa ke 4 tersangka mengakui telah melakukan tindak pidana Curat dengan modus yang sama sebanyak 26 TKP lintas provinsi yaitu di Jakarta selama bulan Juni & Juli 2018 sebanyak 10 TKP, di Palembang Sumsel hari Minggu (05/08/18) mendapat hasil Rp 200.000 , di Jambi hari Rabu dan Kamis (08-09/08/18) mendapat hasil Rp 3.000.000 dan Rp. 25.000.000, di Palembang, hari Jumat (10/08/18) sekira pukul 15.00 WIB di ATM sekitaran Kota Palembang mendapat hasil Rp. 13.000.000 (tiga belas juta rupiah) dan pada pukul 17.00 WIB juga mendapat hasil Rp.2.500.000 (dua juta lima ratus rupiah). Lalu terakhir di Indralaya Kab. Ogan Ilir hari Jumat (10/08/18) 19.00 WIB di ATM SPBU TPI Indralaya.

‘’Untuk Barang Bukti yang kita amankan berupa uang tunai Rp. 4.800.000, 1 buah kotak Strep Wadah berisikan 16 batang tusuk gigi ujung warna hitam, 1 buah kotak/wadah berisikan 10 batang tusuk gigi, 1 unit kendaraan bermotor R4 jenis Honda Brio warna silver Nopol B 315 ENO, 18 jenis kartu berbagai Atm Bank (Total 65 Buah Kartu Atm),” papar Kasat.

Selanjutnya tersangka berikut barang bukti diamankan di Mapolres Ogan Ilir guna pemeriksaan lebih lanjut.

Laporan          : Lubis
Editor/Posting : Imam Ghazali