HeadlineRiauSecond Headline

Edukatif Informasi, Diskominfo dan Persandian Kampar Bentuk KIM

Sumateranews.co.id, KAMPAR – Dalam era reformasi dan situasi informasi global sekarang ini, keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) masih diperlukan.

Kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi dengan baik karena faktor sosial (edukatif), ekonomis maupun kultural.

Atas dasar kebutuhan itulah, Dinas Komumikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar melakukan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Aula Kantor Camat Kuok, Kampar, Rabu (2/10)/2019).

Kepala Dinas Komunikasi, Imformatika dan Persandian Kampar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik H. Nurlis bersama Camat Kuok Darusmar serta Ketua PEI Kampar Akhir Yani,SE saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa keterbatasan masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan informasi terutama di wilayah blank spot area, menjadikan kesenjangan yang semakin lebar.

Oleh sebab itu dengan kehadiran KIM diharapkan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung. Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai suatu sumber pengetahuan dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan mengakses informasi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi.

Dalam KIM sendiri memiliki guna promosi Permodelan KIM berbasis IT, Jasa, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Majlis ta`lim serta tradisional (Metra). Dimana semua hal ini bisa web resmi pemda kampar kamparkab.go.id dan kerjasama media sosial PRODes.id.

Sementara itu, Kabid Pengembngan Sumber Daya dan Publik Salmi Hadi,Sos, M.Si selaku narasumber dalam kegiatan dengan tema “Melek Digital, Bangun Desa Pinter”. Menyampaikan bahwa sesuai dengan Permen Kominfo No. 08 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

Maka dipandang perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dimasing-masing kelurahan dan Desa, dan bila memungkinkan sampai ke tingkat Rt dan Rw, guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan kelompok masyarakat dalam mengisi ruang dan waktu.

“Selain itu, KIM juga merupakan Optimalisasi pemanfaatan media internal dan eksternal guna mempercepat pemahaman masyarakat terhadap pentingnya kehadiran KIM di Kabupaten Kampar.”ungkap Salmi”.

Laporan : Arifin

Editor.    : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button