Dukung Pemerintah, Koramil Jajaran Kodim Cilacap Lakukan Monitoring Baksos KB Kesehatan Sejuta Aseptor

14
Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke 27 tahun 2020, Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap di tingkat Kecamatan melaksanakan monitoring kegiatan Bakti Sosial (Baksos) KB Kesehatan Sejuta Aseptor yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas di wilayahnya masing-masing, Senin (29/6/2020).

Sumateranews.co.id, CILACAP – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke 27 tahun 2020, Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap di tingkat Kecamatan melaksanakan monitoring kegiatan Bakti Sosial (Baksos) KB Kesehatan Sejuta Aseptor yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas di wilayahnya masing-masing, Senin (29/6/2020).

Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 29 Juni 2019 tersebut digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) secara serentak di masing-masing Kecamatan di seluruh pelosok Indonesia. Kegiatan tersebut digelar untuk mensukseskan HARGANAS dengan capaian sejuta aseptor sekaligus untuk menekan angka kelahiran pada Pasangan Usia Subur (PUS) sehingga mereka dapat mengatur kelahirannya.

Ditengah pandemi Vovid-19, pelaksanaan hari keluarga tahun ini dilaksanakan dengan sederhana, BKKBN mengambil Tema Sentral HARGANAS KE-27 tahun ini yakni “BKKBN Baru Dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir di Dalam Keluargamu”. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya guna meningkatkan kepedulian keluarga indonesia dalam membangun keluarga berkualitas demi pembangunan sumber daya manusia indonesia seutuhnya.

Melalui momentum peringatan tersebut diharapkan seluruh anggota keluarga dapat saling menguatkan serta bahu membahu melalui masa krisis, dan dengan dukungan partisipasi aktif lembaga pemerintah maupun non pemerintah dalam menggerakan masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi yang efektif (KIE).

Sehingga berujung pada perencanaan kehidupan berkeluarga yang lebih baik. Keluarga merupakan titik sentral dari cerminan bangsa dan negara. Keluarga menentukan kualitas suatu bangsa, karena dari keluarga akan lahirkan anak-anak yang akan menentukan masa depan bangsa.

Dalam pelaksanaannya, dihadiri langsung unsur Forkopincam diantaranya Danramil, Camat, Kepala UPTD Puskesmas, Koordinator dari Dinas PP, PA dan KB, Babinsa, Persit, Kader Posyandu serta Peserta KB Kesehatan. Pelayanan Bhaksos KB Kes meliputi Mow, Iud, Implan, Suntik, Pil KB, Kondom dan Mop.

Laporan : Urip III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here