Dua Toko Dilalap si Jago Merah, Usai Alami 5 Kali Ledakan

0
156
Tampak Api membumbung tinggi dari kejauhan. Foto: Ist

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Setelah mengalami 5 Kali ledakan, mengakibatkan dua toko permanen di Jalan Kol H Barlian Km 7, Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar, ludes terbakar, Minggu (27/5) malam. Yakni bengkel motor Tunas Baru milik Hendrik, dan toko bangunan Tunas Jaya milik Hasan.

Terbakarnya dua toko milik dua kerabat ini sontak membuat heboh masyarakat. Dua toko yang terbakar berada persis di sebelah Kantor DPD Partai Demokrat Sumsel yang dipisah toko mebel jati.

Dari informasi dihimpun, kobaran api diketahui berasal dari bengkel motor. Kemudian dengan cepat menjalar ke toko bangunan. Kobaran api diketahui warga saat selesai salat tarawih. Warga dan pengendara yang melintasi lokasi, mendadak heboh melihat kobaran api yang disertai kepulan asap tebal.

Diketahui dua toko yang terbakar, tidak dihuni pemiliknya dan hanya buka pada siang hari. Toko terbakar pada saat kondisi tutup. Menurut warga sekitar, saat kobaran api membubung tinggi, sempat terdengar lima kali ledakan di dalam bengkel.

“Ada sekitar lima kali ledakan karena yang terbakar itu bengkel. Mungkin yang meledak itu bahan-bahan yang mudah terbakar,” ujar Candra, warga yang berada di lokasi kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran dengan cepat datang ke lokasi. Sebanyak delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk melakukan pemadaman kobaran api. Usai kobaran api berhasil dipadamkan, petugas pemadam kebakaran terpaksa mendobrak pintu besi toko guna memastikan tidak ada kobaran api.

Tampak kondisi sepanjang Jalan Kol H Barlian macet total. Ratusan warga dan pengendara, mendekat ingin mengetahui adanya kebakaran. Petugas Polsek Sukarami pun dengan sigap mengatur arus lalulintas, agar tidak ada kemacetan. Sementara ini tidak ada korban jiwa akibat terjadinya musibah kebakaran yang cukup membuat panik warga sekitar.

Salwa Jati & Parcel yang berada persis di samping lokasi pun sibuk mengangkut furniturnya keluar. “Tidak tahu apa penyebabnya. Tapi karena di bengkel itu ada oli dan tiner jadi api terus membesar, ditambah material cat juga,” ujar Novran, pegawai toko furnitur.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Palembang Alhidir mengatakan, mendapatkan laporan adanya muspibah kebakaran, semua petugas langsung dikerahkan. “Delapan unit mobil dikerahkan ke lokasi. Api berhasil kita padamkan dan dua toko yang sudah terbakar. Kita terpaksa dobrak pintu toko, guna memastikan tidak ada lagi api. Mengenai asal api, belum diketahui,” ujarnya.

Kanit Reskrim Polsek Sukarami Iptu Marwan mengatakan, penyebab kebakaran belum diketahui. Akibat kebakaran tersebut dua toko yakni toko Tunas Baru Motor dan Tunas Jaya ludes di lalap api. “Untuk penyebab dan kerugian, belum diketahui saat ini kami masih melakukan penyelidikan,” katanya.

Salwa Jati dan Parcel yang berada persis di samping lokasi pun sibuk mengangkut furniturnya keluar. Pegawai Salwa Jati dan Parcel Novran mengatakan, tidak ada ledakan, tiba-tiba api sudah membubung dan menimbulkan asap. “Tidak tahu apa penyebabnya. Tapi karena di bengkel itu ada oli dan tiner jadi api terus membesar, ditambah material cat juga,”tandasnya.

 

 

Sumber : Sumeks

Editor    : Syarif