BanyuasinCrime HistoryHeadlineSecond Headline

Dua Terduga Pembakar Lahan Perkebunan Diamankan Polsek Mariana

Sumateranews. co.id, BANYUASIN, — Akibat telah melakukan pembakaran lahan perkebunan, dua warga masyarakat Desa Tirto Sari diamankan Polsek Mariana dengan dasar LP / A – 12/ X / 2019 / SUMSEL / Sek Mrn, Tanggal 20 Oktober 2019.

Kejadian tersebut terjadi, pada Minggu pagi (20/10) pukul 10.00 WIB, dilahan persawahan di jalan Desa Durian Ijo Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin. Kedua tersangka yang diduga melakukan pembakaran lahan, yakni  Ahmadi (33) dan Oto Warsito (32) warga Desa Tirtosari Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin.

Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar, S.IK melalui Kapolsek Mariana AKP Agus Irwantoro, SH mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal dari laporan dari Nopriansyah, Polri, Aspol Polsek Mariana.

Diketahui pada Minggu (20/10) sekira jam 11.00 WIB, di Lahan milik sdr. Ni di jalan Desa Duren Ijo Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin telah terjadi pembakaran lahan yang dilakukan oleh pelaku membakar lahan persawahan yang telah disewanya dari sdr Ni.

Pelaku membakar lahan untuk menggarap lahan baru tersebut yang rencana akan ditanami padi, cara membakar pelaku dengan menggunakan korek gas. Mendengar ada informasi dari warga, penyidik Polsek Mariana beserta anggota mendatangi lokasi tersebut dan melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Pelaku dibawa ke Polsek untuk dilakukan pemeriksaan berikut berupa barang bukti 1 (satu) Kantong sisa pembakaran dan
-2 (dua) korek gas,” kata Kapolsek Mariana AKP Agus Irwantoro, SH saat dikonfirmasi, Senin (21/10).

Menurut Kapolsek, karena kesalahannya menyebabkan kebakaran lahan dan terlampauinya baku mutu udara dan kerusakan lingkungan, kedua terduga disangkahkan dengan Pasal 108 jo 69 ayat 1 dan atau pasal 98 ayat 1 UU no 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup.

“Setiap orang yang melakukan pembakaran lahan perkebunan dan atau dengan sengaja mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara ambien, dan kerusakan lingkungan hidup, pelaku akan terancam 15 tahun penjara dan denda Rp. 5 Milyar,” tandasnya.

Laporan : Herwanto

Editor.   : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button