Dua Rumah, dan Satu Ruko Hangus Terbakar

0
336

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS- Kebakaran terjadi di Simpang 3 Kelurahan Pasar Muara Beliti Kecamatan Muara Beliti, Minggu (27/8) sekitar pukul 21.00 WIB. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.00 WIB, atau satu jam kemudian, setelah lima unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) melakukan pemadaman.

Kebakaran diduga akibat konsleting listrik, menyebabkan dua rumah dan satu ruko ludes terbakar. Ruko yang terbakar adalah milik Poniman, sedangkan kedua rumah milik Komari dan Romzah. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 700 juta.

Kapolres Mura AKBP Pambudi melalui Kapolsek Muara Beliti AKP Trisopa, menjelaskan api awalnya muncul di ruko milik Poniman.

“Diduga kosleting listrik di atas ruko Poniman, sehingga membakar atap ruko,” jelasnya, Senin (28/8).

Api kemudian membesar merambat membakar rumah Komari di depannya. Api yang belum berhasil dipadamkan, kemudian menjalar ke rumah Romzah.

“Pemadam kebakaran tiba sekitar pukul 21.50 WIB, setelah kami hubungi,” ujarnya.

Damkar yang melakukan pemadaman, tiga unit jenis fuso, satu unit jenis truck serta satu unit mobil damkar double cabin.

“Api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, karena Poniman dan keluarga berhasil keluar rumah saat mengetahui kebakaran,” tambah Kapolsek.

Sementara Romzah dan keluarga juga berhasil menyelamatkan diri, sedangkan Komari pada saat kejadian tidak ada di tempat. “Sementara dugaan karena konsleting listrik. Namun akan kami selidiki lebih lanjut,” tambah Trisopa.

Terpisah Tugiman Kasi Pemadam Kebakaran di Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Mura, menjelaskan api berhasil dipadamkan setelah petugas bersama dengan pihak terkait dan warga bahu membahu memadamkan api.

“Api berhasil kami padamkan. Sementara penyebab kebakaran belum diketahui,” ujarnya

Tugiman menambahkan, ada lima armada pemadam kebakaran yang diturunkan dalam peristiwa tersebut, yakni dua unit dari Pemadam Kebakaran Mura, dua unit dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura dan satu dari Pemadam Kebakaran Lubuklinggau.

Terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (Damkar dan PBD) Lubuklinggau, Kgs Effendi Feri mengakui pihaknya mendapatkan permintaan bantuan untuk memadamkan kebakaran di Muara Beliti.

Laporan : Donna April
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article