Crime HistoryHeadlineOKI MANDIRASumsel

Dua Pekan Operasi Senpi Musi 2023, Polres OKI Amankan 105 Pucuk Senpira dan Tahan 4 Pelaku 

OKI – Kepolisian resort (Polres) OKI berhasil mengamankan sedikitnya 105 pucuk senjata api terdiri jenis laras panjang sebanyak 38 pucuk dan revolver ada 67 pucuk, serta lima butir amunisi dalam Operasi Senpi Musi 2023 yang digelar selama dua pekan lalu. Dalam operasi itu, Polres OKI juga mengamankan sebanyak empat pelaku.

Kapolres OKI, AKBP Diliyanto SIK SH MH didampingi AKP Jatrat Tunggal mengungkapkan, keempat pelaku yang diamankan berasal dari Sungai Menang dua pelaku, Jejawi satu pelaku dan Mesuji satu pelaku.

“Ada tiga yang kami hadirkan karena satu pelaku masih diperiksa di Polsek Mesuji,” terangnya, saat menggelar press release, Senin (13/3).

Dari hasil operasi senpi musi itu, lanjut Kapolres pihaknya memberikan maklumat kepada Polsek-polsek di wilayah Polres OKI untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar menyerahkan senjata api secara suka rela, dan dalam kurun waktu dua minggu Mapolres OKI berhasil menerima serahan senjata api sebanyak 105 pucuk senjata api, masing – masing senjata api laras panjang sebanyak 38 pucuk dan senjata api laras pendek sebanyak 67 pucuk.

Terkait pasal.yang dikenakan terhadap pengguna senpira yang diamankan dikenakan UU darurat Pasal 1 ayat 1 UU No 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman mati atau pidana kurungan selama 20 tahun.

Terbanyak senpira diterima dari Polsek Sungai Menang ada 15 pucuk kemudian Mesuji 11 pucuk dan Polres OKI merupakan Polres terbanyak menerima senpira serahan dari masyarakat dari seluruh wilayah di 18 polsek di wilayah OKI.

Disinggung apakah keempat pelaku merupakan residivis sambung Dili, masih didalami pihaknya dan berkoordinasi dengan Polres Banyuasin dan Polres Mesuji Lampung yakni dicek kembali apakah keempat tersangka itu merupakan residivis. “Alasan mereka menyimpan senpi untuk berjaga-jaga,” bebernya.

Senjata yang masih aktif ini akan dikoordinasikan dengan laboratorium forensik dan Sat Brimob yang memiliki kompetensi untuk pemeriksaan senjata ilegal tersebut.

Dalam mengakhiri bincangnya, Kapolres OKI mengatakan, operasi penertiban senjata api ilegal itu untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam menggunakan senjata api. (Heru)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button