Dosen Darmajaya Menangkan 29 Hibah DRPM

0
138

Sumateranews.co.id, BANDAR LAMPUNG- Prestasi membanggakan kembali diraih para dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Sebanyak 29 hibah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2018 dimenangkan, terdiri dari 26 hibah penelitian dan 3 hibah pengabdian kepada masyarakat.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan Pembelajaran, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IIB Darmajaya, Dr. Ir. Suhendro Yusuf Irianto, M. Kom memaparkan, 26 hibah penelitian terdiri dari 10 Penelitian Dosen Pemula (PDP), 5 Penelitian Disertasi Doktor (PDD), 5 Penelitian Strategis Nasional Institusi  (PSNI), 4 Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT), dan 2 Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT).

Sementara 3 hibah pengabdian kepada masyarakat yakni Program Kemitraan Masyarakat, Program Pengembangan Kewirausahaan, dan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus.

Dr. Suhendro mengungkapkan, sejak 2014 LP4M IIB Darmajaya telah berstatus madya dan diberi wewenang dalam mengelola dana penelitian Rp 2–5 milyar pertahun dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Setiap tahun, LP4M rutin menyelenggarakan seminar dan workshop untuk memotivasi para dosen guna meningkatkan kuantitas serta kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Mudah-mudahan, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan Dosen Darmajaya di tahun 2018 dapat berguna bagi mahasiswa dan masyarakat luas,” terangnya.

Prestasi ini mendapatkan apresiasi dari Rektor IIB Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc. Ia mengucapkan selamat kepada para dosen atas dimenangkannya hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Kemenristekdikti tahun 2018.

Ia menuturkan, IIB Darmajaya dengan tagline #darmajathebest selalu mendorong para dosen untuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik meliputi pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kualitas dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan terus menjadi motivasi para dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi ditahun yang akan datang,” harapnya.

Laporan           : Dedy

Editor/Posting : Imam Ghazali