DLH IMBAU PELAKU USAHA JAGA KEBERSIHAN

0
217

Sumateranews.co.id, LAHAT- Dalam hadits, banyak masalah kebersihan dibahas dan mendapat sorotan. Antara lain النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ yang artinya “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”. بني الدين على النظافة artinya “Agama dibangun di atas kebersihan”. Dan Hadits lainnya تنظفوا فإن الإسلام نظيف, yang artinya “Bersihkanlah karena Islam itu bersih”.

Terkait masalah kebersihan, maka sudah menjadi kewajiban bersama untuk senantiasa menjaganya. Karenanya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat Ir. H Misri ST melalui Budi Utama selaku Kabid Pengolahan Sampah Lingkungan Hidup mengimbau kepada pelaku usaha untuk menjaga kebersihan lingkungan mereka.
‘’Para pelaku usaha kita imbau untuk menyiapkan tong-tong atau tempat sampah. Begitu juga dengan masyarakat. Nanti petugas kita dengan menggunakan mobil akan mengambil sampah tersebut,’’ cetus Budi.
Bagaimana kalau sampah menumpuk tapi tak diambil? ‘’Jika sudah banyak sampah tapi petugas kita belum sempat mengambil tolong cepat lapor. Pokoknya jangan sampai sampah membawa bencana baru ditangani, itu namanya terlambat. Apalagi masalah kebersihan ini kan sudah menjadi kewajiban kita selaku umat beragama untuk senantiasa menjaganya,’’ tandas Budi.
Saat ini DLH Lahat memiliki 14 armada pengangkut sampah. Jika melihat ruang lingkup kerja dan operasional di lapangan, maka armada-armada tersebut masih kurang 8 armada lagi.
Laporan : Novita/Idham
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre