MuraSecond Headline

Distanak Akan Distribusikan 8000 Itik

Sumateranews.co.id, MUSIRAWAS- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Kabupaten Musi Rawas (Mura), akan mendistribusikan 8000 itik di kabupaten berslogan “Lan Serasan Seketenanan di tahun 2019.

Hal tersebut dibenarkan, Plt Distanak Kabupaten Mura, Tohirin melalui Kabid Keswan, Marzuki saat dikonfirmasi, Selasa (5/3/2019).

“Rencananya sesuai Program Perindistribusian Ternak, maka di tahun ini akan ada 8000 itik akan diberikan kepada kelompok tani,” kata Marzuki.

Marzuki menjelaskan, namun perindustrian itik tersebut harus ada syarat-syarat kelompok tani yang harus dipenuhi di antaranya pengajuan proposal oleh kelompok tani, serta harus ada penyediaan pakan itik.

Kemudian, nantinya apabila syarat tersebut sudah dipenuhi, akan ada tim Distanak terjun ke lokasi melakukan survei ke kelompok tani apakah memang benar dan aktif, dan mayoritas di daerah pertanian.

“Nantinya, kalau memang aktif, barulah akan dilakukan perindustrian itik, dimana s‎atu kelompok tani akan diberikan 200 itik,” jelas Marzuki.

Lebih lanjut, Marzuki menjelaskan, tujuan perindustrian itik ini tidak lain untuk meningkatkan populasi itik serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk sejauh ini, sudah banyak kelompok tani yang melakukan pengajuan perindistribusian itik ke Distanak.

“Ada puluhan yang mengusulkan, bahkan tidak menutup kemungkinan ratusan, namun kembali lagi nanti akan dilakukan survei terlebih dahulu mana yang berhak, selain itu nantinya akan ada tim pengawas untuk mengawasi itik yang telah didistribusikan,” tutup pria berkaca mata ini.

 

Laporan           : Shandy

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button