Disebut Sebagai Kearifan Lokal, Richard Minta Acara Sedekah Dusun Karang Jaya Perlu Dilestarikan

0
421

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Pjs Walikota Prabumulih, H Richard Cahyadi AP MSi, Minggu (25/03/2018) pagi, menghadiri acara sedekah dusun di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur. Setelah hampir 7 tahun tidak pernah diadakan, mantan Kepala Kesbangpol Sumsel ini minta kegiatan tersebut tetap ada dan dilestarikan karena sebagai salah satu bentuk kearifan local dan budaya.

“Apalagi, perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat. Sehingga, membuat terlena dan lupa adat istiadat dan budaya leluhur, untuk itu harus dilestarikan karena sebagai kearifan local dan budaya masyarakat disini,” jelas Richard, saat menyampaikan kata sambutan, di Masjid Nurul Jannah, Karang Jaya.

Selain itu, acara tersebut dia katakan sebagai wadah bagi warga setempat dan wilayah sekitarnya untuk bersilaturahmi dalam membangun wilayah Kelurahan Karang Jaya.

“Sedekah dusun ini sangat positif, dan harus terus dilestarikan,” sebutnya, seraya menginggatkan agar masyarakat untuk hadir pada Pilkada Serentak 27 Juni mendatang.

“Jangan pernah golput di Pilkada. Datang ke Tempat Pemilihan Suara (TPS), salurkan aspirasi sesuai kehendak,” kata dia.

Masih dia katakan, lantaran hanya calon tunggal, masyarakat dipinta memilih dan menyalurkan hak pilih pada sekitar akhir Juni mendatang, serta tidak golput. “Bisa memilih kotak kosong, dan tidak ada larangan untuk memilih kotak kosong. Karena itu, hak politik masyarakat dan diatur dalam undang-undang (UU),” tegas Richard.

“Setiap masyarakat punya dua hak pilih, silakan pilih yang mana sesuai kehendak masing-masing,” imbuh dia.

Terpisah, Ketua Adat Karang Raja, Samsuddin menjelaskan, kalau sedekah dusun ini wujud pelestarian dan pengembangan adat budaya leluhur yang selama ini dijalankan, meski sempat terhenti sekitar 7 tahun.

“Kita mengajak masyarakat membangkitkan kembali sedekah dusun. Dan, akhirnya bisa direalisasikan untuk memperkuat tali silaturahmi antar warga dan juga warga desa tetangga,” bebernya.

Lanjutnya, ke depan ia meminta anak cucuknya, untuk mempertahankan sedekah dusun ini dan digelar secara rutin setiap tahunnya sebagai ciri khas adat Kelurahan Karang Jaya.

“Tanpa dukungan semua pihak dan warga, sedekah dusun ini tidak bisa diwujudkan dan digelar,” pungkasnya.

Laporan : Feni/*

Editor     : Donny