HeadlineOgan Ilir

Dinsos OI Tindaklanjuti Setiap Laporan Orgil

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR- Meski jarang adanya laporan tentang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau orgil (orang gila) ke Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir (OI), namun Dinsos OI memastikan langsung menindaklanjuti setiap laporan yang ada. Demikian dikatakan Kabid Pelayanan, Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial OI, Hasanah Rizki kepada Sumateranews.co.id, Kamis (15/2).
Tidak hanya itu, menurutnya, saat mendapatkan kasus atau permasalahan orang gila, pihaknya langsung berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan OI. Namun yang pasti, pihaknya akan terus melakukan pemantauan pasca dilakukan perawatan dan pengobatan oleh dokter atau dinas kesehatan.

”Melakukan perawatan pasca pemulihan ini, tidak hanya pada pasien, namun juga dilakukan pada keluarga dan lingkungan pasien. Karena tidak sedikit lingkungan yang tidak mau menerima pasien kembali ke tengah masyarakat, namun tugas Dinas Sosial memberikan masukan dan pengertian kepada keluarga dan masyarakat lingkungannya agar dapat menerima kembali pasien di tengah tengah mereka,” katanya.

Menurut Hasanah, penyebab seseorang terganggu kejiawaannya dan hilang ingatan, mayoritas kebanyakan dikarenakan masalah perekonomian. Sebenarnya pasca pengobatan dan pasien sudah dinyatakan sembuh, kembali ke tengah masyarakat, namun yang terpenting bukan hanya memberikan pengertian, pemantauan, tetapi memberikan dorongan dan semangat untuk bekerja, memberikan suport. “Pasca pemulihan pasien, seharusnya bukan hanya suport dan pengertian, namun juga ditunjang bantuan agar mereka bisa bekerja,” tandas Hasanah.

Laporan : H. Sanditya Lubis
Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button