Dinkes Palembang Sosialisasi Germa Cepat

0
152

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penggunaan obat anti biotik, Dinas Kesehatan Kota Palembang menggelar penyuluhan/sosialisasi gerakan cerdas menggunakan obat (Germa Cermat), Selasa (13/3/2018) di Grand Duta Hotel.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hj. Letizia M.Kes. melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Hj. Sri Yuli Ningsi, SKM, M.Kes. mengatakan tujuanya kegiatan Germa Cermat ini adalah bagaimana masyarakat dapat mengetahui dalam menggunakan obat yang benar.

Menurutnya, masyarakat jika mengalami sakit atau demam sering menggunakan obat anti biotik. Padahal obat anti biotik itu tidak boleh digunakan sembarangan, harus ada penjelasan tentang tata cara penggunaannya.

“Tujuanya agar masyarakat itu mengetahui penggunaan obat yang benar. Dosisnya bagaimana, aturan pakainya bagaimana dan masa kadarluasanya sampai tanggal berapa. Itu masayarakat harus pahami,” ujar Sri di ruangannya.

Dikatakannya, jika obat tersebut sudah habis masa berlaku maka bukan mengobati tapi malah jadi penyakit. Antibiotik itu tidak boleh dikonsumnsi sembarang  dan ada aturan pakai juga berbeda.

‘’Pemakaian obat 3 x 1 itu bukan setelah makan langsung minum obat, sore mau tidur, bukan seperti itu cara penggunaannya. Jadi ada rentan jamnya. 12 jam di bagi 3 jadi 8 jam tiap 24 jam. Itu yang bener, tiap delapan jam sekali kita minum jadi teratur dan interaksi obat itu nyambung,” jelasnya.

Laporan          : Wiwin

Editor/Posting : Imam Ghazali