Dinkes Muba Siaga 24 Jam Layani Warga Terdampak Asap

18
SIAGA ASAP: Mengantisipasi dampak asap yang ditimbulkan akibat kebakaran Karhutla, pemerintah daerah Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan telah menginstruksikan kesetiap puskesmas siaga 24 jam untuk menangani warga yang terdampak oleh asap.

Sumateranews.co.id, SEKAYU – Setiap memasuki musim kemarau panjang, peristiwa kebakaran hutan dan lahan menjadi momok bagi masyarakat juga pemerintah daerah karena disamping berdampak pada lahan juga asap yang ditimbulkannya sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Persoalan asap akibat kebakaran hutan dan lahan beberapa minggu terakhir ini cukup mempengaruhi aktivitas masyarakat di Kabupaten Muba. Semua elemen pemerintah daerah dikerahkan untuk melakukan pencegahan kebakaran lahan diberbagai kecamatan yang terdampak agar tidak kian meluas.

Mengantisipasi dampak asap yang ditimbulkan akibat kebakaran Karhutla, pemerintah daerah Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan telah menginstruksikan kesetiap puskesmas siaga 24 jam untuk menangani warga yang terdampak oleh asap.

Disamping itu, Dinkes Muba juga telah menyebarkan Posko-Posko Kesehatan dibeberapa kecamatan yang daerahnya terkena kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr Azmi, ditemui Rabu (18/09/2019) mengatakan, sebelum asap akibat kebakaran Karhutla ini meluas pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan mendirikan posko kesehatan didaerah yang rawan bencana kebakaran. Bukan itu saja, sebagai bentuk pencegahan setiap puskesmas diinstruksikan siaga 24 jam guna melakukan rekonstruksi medis bagi masyarakat yang terpapar penyakit sesak pernapasan. Dan berdasarkan data ungkap dr Azmi, saat ini di Kabupaten Muba belum ditemukan adanya masyarakat terkena penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan (ISPA).

“Dinkes Muba siap siaga 24 jam guna mengantisipasi masyarakat terdampak penyakit akibat asap Karhutla dengan mendirikan posko kesehatan dan saat ini belum ditemukan adanya warga terdampak penyakit saluran pernapasan,” kata dr Azmi.

Laporan : Hasbullah Anwar

Editor    : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here