Dinginkan Suhu Politik, Polres Gelar Turnamen Gaple

0
257

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Untuk mendinginkan suasana Pilkada di Lubuklinggau pihak Polres Lubuklinggau menggelar turnamen gaple dengan kemasan Kapolres Lubuklinggau Cup 2018, Rabu (18/4) di halaman Mapolres Lubuklinggau. Turnamen yang berlangsung di Mapolres Lubuklinggau tersebut berlangsung enam hari mulai hari 18–24 April pukul 20.00 WIB.

“Kami dari Polres menginisiasi kegiatan turnamen karena kami melihat di tengah-tengah masyarakat dengan berlangsungnya Pilkada tiap hari selalu membicarakan pasangan calon pilkadanya masing-masing, selalu itu yang dibicarakan di masyarakat,” kata Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar.

Maka dari itu, pihaknya ingin menciptakan suasana pilkada agar menjadi lebih damai atau hal lain yang dapat menyatukan perbedaan di tengah-tengah masyarakat.

Sehingga pihak Polres Lubuklinggau berinisiatif membuat kegiatan yang dapat menyatukan perbedaan di tengah masyarakat lewat turnamen gaple ini.

“Kami melihat hampir di sudut kota baik dimalam maupun siang hari, masyarakat sering berkumpul main gaple. Maka kami berinisiatif menggelar turnamen gaple,” cetusnya.

Selain itu, masyarakat dengan adanya turnamen gaple Kapolres Lubuklinggau Cup 2018 dapat datang langsung ke Mapolres Lubuklinggau. Tidak hanya berkumpul, tapi juga dapat saling bersilaturahmi dan bertatap muka dengan suasana yang kondusif, tertawa serta duduk bersama.

“Kami melihat gaple sebuah permainan yang hampir seluruh masyarakat bisa memainkannya,” jelas Sunandar.

Lebih lanjut, Kapolres berharap di tahun politik ini lewat turnamen gaple dapat menetralkan dan mendinginkan suasana pilkada. “Pilihan boleh berbeda, tetapi jangan perbedaan itu menimbulkan suatu perpecahan. Kita komit, main gaple bersama dan komit pilkada damai,” terangnya.

Sementara itu Penjabat Walikota Lubuklinggau, Riki Junaidi menjelaskan di turnamen gaple yang digelar Polres Lubuklinggau diikuti dari seluruh lapisan masyarakat. Yang mana gaplek merupakan permainan yang  merakyat.

“Kalau merasa ‘jagoan’ di kelurahan, atau kecamatan atau menjadi jagoan di daerah-daerah, mulai hari ini adalah ajang pembuktiannya. Siapa yang nanti akan menjadi jagoannya,” ujar Riki.

Lewat turnamen gaple, dapat mempersatukan semua perbedaan yang ada di kalangan masyarakat. “Kami sangat mengharapkan agar selama tahapan Pilkada, kampanye hingga sampai dengan selesai nanti, suasana akan terus kita jaga agar aman, damai, dan kondusif,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia yang juga Kasat Sabhara Polres Lubuklinggau, AKP Edwartu menjelaskan peserta lomba sebanyak 1.048 terdiri dari warga Lubuklinggau, Murwa, Muratara, dan Rejang Lebong (Bengkulu). Jumlah pasangan gaple 524 pasangan terdiri dari 16 pool masing-masing pool terdiri dari 32 pasangan.

Turnamen gaple merebutkan hadiah utama satu unit motor, dua unit TV LED, dua unit kulkas dua pintu, dan dua unit TV LED 32 Inc. “Sistem gugur, satu kali pertandingan dengan jumlah poin 204,” pungkasnya.

Laporan          : Donna April

Editor/Posting : Imam Ghazali