Lahat

DINAS PERTANIAN LAKUKAN GERAKAN MASSAL PENGENDALIAN OPT

Sumateranews.co.id, LAHAT- Bertempat di Desa Pandan Arang Kecamatan Kikim Selatan  Kepala Dinas Pertanian Lahat Ir H Agustia Budiman, MM yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan A. Firdaus,  SP,  MMA melaksanakan kegiatan organisme pengganggu tanaman.

Dalam kegiatan itu juga diikuti Ka UPTD TPH H Zainal Arifin dan Sumirin Ka BP3K beserta Petugas dari UPTD Baperlintan Prov Sumsel, LPHP, dan Brigade Proteksi wilayah Lahat Muara Enim, PALI, PPL, Babinsa,  Koramil Kikim, Kades, Perangkat Desa beserta puluhan petani yang tergabung dalam Poktan Seberang Pangi. Mereka melakukan Gerakan Massal Pengendalian OPT dengan cara disemprot menggunakan fungisida/bakterisida khususnya untuk penyakit hawar daun/kresek yang telah menyerang lebih kurang 8 ha sawah dari total luas hamparan/ataran Seberang Pangi sekitar 500 an hektar yang berlokasi di Desa Pandan Arang, Keban Agung, dan Tanjung Kurung.

Selain itu juga melalui Pemprov dan Pemkab Lahat memberikan bantuan racun/obat pembasmi fungisida/bakterisida yang digunakan untuk pengendalian massal dan pencegahan penyakit hawar daun/kresek. Menurut Samino petugas POPT, penyakit ini disebabkan oleh perubahan iklim, kelebihan urea dan kekurangan NPK, dan diperparah angin  kencang sehingga terjadi gesekan antardaun yang menyebabkan daun luka dan penularan semakin cepat.

Untuk mengantisipasinya perlu dilakukan pemupukan berimbang, sanitasi lingkungan, dan bila terserang dilakukan dengan cara alami dahulu baru penyemprotan.

Alpian salah satu wakil poktan (kelompok tani) menyatakan sangat berterima kasih atas kepedulian dan perhatian Bupati Lahat melalui Dinas Pertanian yang telah banyak membantu petani.

Laporan           : Novita

Editor/Posting  : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button