Dinas Pendidikan OI Identifikasi Cagar Budaya

0
264

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir (OI) melalui bidang kebudayaan,  beberapa bulan terakhir sudah melakukan identifikasi dan  pendataan terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten OI. Hasilnya ada sekitar 60 cagar budaya yang ada di Kabupaten OI.

Hal itu dikatakan Drs. Ambonelson, MSi kepada Sumateranews.co.id Rabu (27/12/17) di ruang kerjanya.

Lanjutnya,  dari sejumlah yang diklasifikasikan ada yang harus segera diangkat untuk   dilestarikan,  mungkin yang selama ini nyaris terlupakan. Setelah pihaknya melakukan pendataan terhadap cagar budaya OI, pihaknya meneruskan dan bekerjasama dengan pihak dinas pariwisata untuk diangkat dan dipromosikan.

Misalnya Kantor Camat Tanjung Raja yang bangunannya merupakan peninggalan Belanda yang bakal dijadikan museum. ‘’Kalaupun itu terpenuhi berarti pemerintah harus membangun gedung baru untuk kantor camat,’’ ujarnya.

Masih kata Ambonelson,  pada tahun 2018 pihaknya akan terus berupaya untuk pelestarian budaya,  paling tidak menggali dan terus menggali cagar budaya yang ada di OI untuk diangkat kepermukaan dari yang selama ini terbenam dan tak terdata. “Mudah mudahan dengan sudah dilakukan pendataan terhadap budaya,  cagar budaya yang ada akan diketahui, ternyata OI juga kaya akan cagar budaya dan peninggalan bersejarah yang harus dilestarikan,’’ cetusnya.

Masih kata Kabid Kebudayaan OI,  tidak ada kata terlambat untuk mengangkat,  menggali dan melestarikan kebudayaan OI,  karena selama ini juga pendataan itu belum dilakukan,  setelah definitifnya bidang kebudayaan di dinas pendidikan dan kebudayaan OI. Langkah awal melakukan pendataan,  identifikasi terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten OI. “Bidang kebudayaan ini kan baru terbentuk di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  maka langkah awal kami melakukan pendataan terhadap cagar budaya yang ada di OI,’’  tandasnya.

Laporan             : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting    : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article