DINAS KETAHANAN PANGAN PALI GELAR B2SA

0
312

 

 

Sumateranews.co.id, PALI- Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten PALI menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), yang berlangsung di lapangan Sanggar Pramuka Komplek Pertamina Pendopo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kamis (13/07).

 

Acara yang bertemakan “Dengan Mengonsumsi Makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman Akan Keluarga/Masyarakat yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera” dihadiri Kabid Konsumsi Ketahanan Pangan Provinsi, Asisten I, sejumlah SKPD dan FKPD serta beberapa tamu undangan lainnya.

 

Ketua Pelaksana Drs. Agen Eleidi dalam penyampaian laporannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut berdasarkan UU dan Perkes yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan konsumsi terhadap makanan serta mengembangkan makanan sumber daya lokal. Adapun peserta lomba cipta menu ini terdiri dari 10 peserta dari kecamatan se-Kabupaten PALI.

 

‘’Selain meningkatkan penerapan menu yang beragam dan sehat, juga mengubah pola fungsi masyarakat terhadap makanan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat/keluarga. Dan nantinya bagi juara 1 pada lomba ini akan dikirim ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mewakili Kabupaten PALI,” ujarnya.

 

Kabid Konsumsi Keamanan Pangan Provinsi, Nariman Kiptia menyampaikan bahwa perlombaan ini tentunya untuk meningkatkan pengetahuan dan menyosialisasikan pengetahuan pangan kepada masyarakat. “Dengan perlombaan ini kita bisa menseimbangkan kebutuhan pokok sumber daya lokal kita, apalagi di samping itu sumber daya lokal kita sangat banyak sekali potensi seperti ikan dan sayur mayur. Dalam hal ini Menteri Ketahanan Pangan sangat gencar sekali melakukan pengembangan melalui Lomba Cipta Menu, tentunya dari perlombaaan ini kita bisa menemukan inovasi-inovasi citra menu rasa makanan sehat dan bergizi,” tegasnya.

 

Sementara itu, Bupati PALI yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan, Asrohi, S.Sos MH mengatakan bahwa pemerintah sangat mendukung untuk menciptakan inovasi makanan terhadap keluarga. “Dalam perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan pembuatan makanan yang baik, berkualitas, harus sehat dan bergizi agar terciptanya keluarga yang sehat. Apalagi pangan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, tentunya kita harus menciptakan makanan yang sehat dan menciptakan inovasi-inovasi menu makanan sehat dan bergizi menuju keluarga sejahtera,” tandasnya.

Laporan     : Rica Mariska

Editor         : Imam Ghazali

Posting       : Andre