Dilepas Sekda, Ini Penjelasan Ketua KONI Prabumulih Terkait Isu Seragam Atlet dan Kendaraan Pol PP di Porprov OKU Raya 

0
459

PRABUMULIH – Ketua KONI Kota Prabumulih, Beni Rizal SH MH membantah Pemerintah kota tidak memperhatikan perlengkapan bertanding Rombongan kontingen atlet kota Prabumulih, pada Ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Sumatera Selatan ke XIII, yang digelar di OKU Induk, OKU Timur dan OKU Selatan.

“Untuk keberangkatan atlet tidak ada perhatian dari pemerintah kota Prabumulih itu salah, jadi hari ini kita buktikan bahwa kepedulian pemerintah kota Prabumulih kita buktikan pada hari ini,” ujar Beni Rizal, saat memberikan laporan kepada Sekda Prabumulih, Elman ST, sebelum pelepasan pemberangkatan Kontingen Atlet Kota Prabumulih di Pendopoan Rumah Dinas Wali kota Prabumulih, Sabtu (20/11/2021).

Disampaikan Beni, pemerintah telah mengganggarkan dan berupa memenuhi kebutuhan para atlet, Pelatih, dan official selama kegiatan Porprov di OKU Raya berlangsung. Mesti tahun ini pemerintah kota Prabumulih kembali mendapat pemotongan anggaran COVID-19 sebesar Rp 500 Miliar dari pemerintah pusat.

“Mengenai seragam hari ini kita bisa menyaksikan sendiri, adik-adik sudah memakai seragam semua, tinggal sepatu dan jaket akan kita bagikan di posko masing-masing sekalian uang sakunya. Ini adalah bentuk perhatian dari bapak wali kota, walaupun dalam keadaan pandemi walaupun kota Prabumulih begitu banyak dikurangi anggaran, seperti yang kita ketahui, hampir 500 miliar anggaran kota Prabumulih dikurangi oleh pemerintah pusat.

Memang dari empat keberangkatan awal tidak dibagikan seragamnya, karena yang resminya adalah hari ini,” terangnya.

“Terkait COVID 19, Alhamdulillah bapak wali kota menganggarkan untuk para atlet kota Prabumulih, walaupun tidak sama dengan Porprov sebelumnya, untuk para atlet jangan dilihat besar kecilnya uang sakunya, tapi tekad dan niatnya masing-masing,” lanjut Kepala BKPSDM kota Prabumulih ini.

Selanjutnya, Ketua ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) Kota Prabumulih ini menerangkan, dalam Porprov OKU Raya ini Pemerintah kota Prabumulih memberangkatkan sebanyak 413 kontingen ditambah para pelatih dan panitia sehingga total keseluruhannya berjumlah 465 orang.

“Mereka kita berangkatkan bertahap, hari pertama yang diberangkatkan sebanyak 22 atlet, hari kedua yaitu Rabu sebanyak 98 atlet, hari ketiga Senin kurang lebih ada 60 atlet, hari keempat Sabtu ada 17 atlet,dan ini adalah hari yang kelima,” jelas Beni lagi.

Terakhir, menanggapi terkait video viral para rombongan atlet diberangkatkan dengan kendaraan Pol PP,  itu dijelaskan Beni, tidak benar.

“Jadi untuk mobil Pol PP itu kami siapkan untuk membawa perlengkapan Dram band makanya kami siapkan truk, dan ternyata Dram band sudah menyiapkan mobil sendiri, dan truk Pol PP tidak terpakai, dan hari ini kita pakai untuk membawa alat peraga sepatu dan training menuju OKU Raya, OKU Timur dan OKU Selatan, karena pembukaannya besok di OKU Selatan Danau Ranau, dan Alhamdulillah walaupun agak sedikit tertatih-tatih pemberangkatan ini berjalan lancar, terima kasih kepada pihak KONI yang telah mensukseskan acara ini,” ujarnya lagi.

Beni juga mengungkapkan, pihaknya sempat mengalami kebingungan soal  Event Porprov ini apakah jadi atau tidak.

“Makanya belum kita belanjakan setelah mendapatkan kepastian barulah kita belanja, untuk kabupaten OKU Raya, OKI dan OI sama dengan kita untuk perlengkapan baru sampai tadi malam, dan kita pemesanan dipusatkan di Bandung,” tambah dia, seraya memberikan semangat kepada para atlet untuk terus berjuang dan bisa membawa nama harum kota Prabumulih.

Sementara itu, Wali Kota Prabumulih, Ir Ridho Yahya MM melalui Sekda, Elman ST sebelum melepas secara resmi Rombongan kontingen mengatakan, agar seluruh kontingen untuk menjaga etika dan sportivitas selama pertandingan.

“Pada intinya bapak Wali kota menyampaikan, bahwa berolahraga bukan untuk sehat saja tapi juga untuk menjalin silahturahmi dan berprestasi, kita harus bisa menjaga nama kota Prabumulih, sopan santun beretika dan cara kita berolahraga, yang utama jaga kesehatan, saya yakin di bawah kepemimpinan KONI akan lebih mapan karena kita sudah melaksanakan acara event besar ini.

Mengenai anggaran memang besar, tapi dalam keadaan sekarang ini se Indonesia dipotong, dan semangat jangan sampai luntur teruslah berjuang dan pacu semangat, dan nanti akan diberikan Reward walaupun belum tau besar anggarannya, kami meminta para atlet, pelatih dan pengurus kompak dalam menjalani laga olahraga di OKU RAYA ini, teruslah berprestasi dan kembangkan bakat kalian,” tutupnya.

Dari pantauan selain dihadiri Sekda kota Prabumulih Elman ST, dan Ketua KONI Prabumulih Beni Rizal SH MH. Acara pelepasan juga dihadiri Para ketua harian dan anggota, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Kepariwisataan (POKP), Ketua E-Sport Indonesia (ESI) Kota Prabumulih Wedy Saputra, para atlet dan para orang tua atlet.

Kemudian, juga diikuti oleh Nakes sebanyak 16 orang, yang akan diberangkatkan dan dibagi di 3 kabupaten, dengan rincian 6 orang di OKU RAYA, 5 orang di kabupaten OKU Timur dan 5 orang lagi di OKU Selatan, 3 orang di mobil ambulance yang telah disiapkan, dan 2 dari Dinkes dan satu dari RSUD. Acara pelepasan ditutup dengan doa’ bersama yang dipimpin oleh Ustad H Intisar S,Ag. (King)

Editor : Donni