Dikukuhkan, TPID Kecamatan Pemulutan Selatan

0
183

Sumateranews.co.id, INDRALAYA –  Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan, dilaksanakan sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) dan Pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) melalui Musyawarah Antar Desa (MAD) di Aula Kecamatan Pemulutan Selatan Kecamatan Pemulutan Selatan, Kamis (26/10/2017).

Kegiatan ini dihadiri Kepala PMD Samrowi, SSos, M.Si, Drs. Sulaiman Midun, Camat M Zen S.sos, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, serta dihadiri 15  Kepala Desa, dan BPD serta Tokoh Masyarakat.

Kepala Dinas PMD, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Inovasi Desa (PID) ini sangat membantu desa-desa dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan dana desa yang tentunya  bermanfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan desa. “Program Inovasi Desa (PID) adalah sebuah Program Kementrian Desa (PDTT) untuk membangun desa kreatif dan berinovasi untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal, replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs Sulaiman Midun juga  menegaskan bahwa garis besar dari Program Inovasi Desa (PID) ini ialah penguatan dan pengembangan pemanfaatan dana desa. Di antaranya untuk pengembangan kewirausahaan, untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan untuk pemenuhan dan peningkatan infrastruktur pedesaan, namun yang paling difokuskan dalam program ini adalah kewirausahaan dan sumber daya manusia (SDM).

Untuk itu dalam pertemuan yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Pemulutan Selatan ini dibentuklah Tim PID  yang terdiri dari satu orang ketua sebagai pimpinan tim, satu bendahara sebagai pengelola keuangan tim, tiga orang anggota sebagai pengelola bidang pengelolaan pengetahuan atau praktek inovasi, dua orang anggota sebagai verifikator rencana replikasi inovasi oleh desa-desa melalui APBdes.

Ke  7 TPID Kecamatan Pemulutan Selatan 1 adalah Feri Yuhanes, David Saputra,  Untung Ikbar, Hendri, Arya Mangkubumi, Holilah, Ayu Lestari. Mereka dikukuhkan oleh Camat Pemulutan Selatan.

Laporan           : H. Sanditya Lubis

Posting/Editor  : Imam Ghazali

 

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article