Uncategorized

Diksar Menwa Mahawijaya Sumsel Berakhir

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) Bela Negara Menwa Mahawijaya Sumsel yang diselenggarakan Kodam II/Swj selama 7 hari, mulai tanggal 24 s.d 30 November 2017 secara resmi ditutup.

Upacara penutupan dipimpin Wakil Komandan Batalyon Kavaleri 5/Dwi Pangga Ceta, Mayor Kav Kiswanto Yudha, Kamis (30/11/2017) pukul 11.00 WIB di Lapangan Sapta Marga Markas Batalyon Kavaleri 5/Dwi Pangga Ceta, Karang Endah Prabumulih.

Di akhir upacara penutupan Diksar Menwa Mahawijaya Sumsel tersebut dilaksanakan tradisi penyiraman air kembang setaman, minum susu dari kelongsong Canon dilanjutkan dengan pemakaian Baret kepada 83 peserta Diksar oleh Wadanyonkav 5/DPC Mayor Kav Kiswanto Yudha diikuti Danmen Menwa, Rano Karno, dan para Perwira Yonkav 5/DPC serta para Menwa Senior.

Dengan berakhirnya Diksar Bela Negara Menwa Mahawijaya ini diharapkan para mantan peserta memiliki dedikasi tinggi, disiplin, dan jujur sehingga mempunyai semangat kerja yang baik dan bertanggung jawab serta memiliki karakter kepemimpinan dalam pelaksanaan tugas.

Untuk diketahui bahwa, selama Diksar berlangsung, para mantan peserta Diksar telah dilatih dan digembleng baik mental, fisik maupun disiplin. Seluruh peserta Diksar Menwa telah mengikuti semua jadwal dan materi yang telah diprogramkan mulai dari bangun pagi, ibadah pagi/sholat subuh, makan pagi, apel pagi, senam, materi Bela Negara, dan semua materi Diksar sampai dengan istirahat malam.

Sedangkan pembina dan pelatih/pengajar dalam Diksar ini melibatkan pelatih dari Dodik Bela Negara Rindam II/Swj, Yonkav 5/DPC, anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan Menwa Senior. Bertindak sebagai Komandan Latihan Rano Karno, SHI, MH dan Lettu Kav Turahno, sebagai Wakil Komandan Latihan.

Adapun materi yang telah diajarkan baik teori maupun praktek, antara lain meliputi peraturan militer dasar, teori pengetahuan navigasi darat, teori survival, bela Negara, kemenwaan, sejarah resimen mahasiswa, dasar organisasi dan staf resimen mahasiswa, etika resimen mahasiswa, penyuluhan narkoba, wawasan kebangsaan dan peraturan disiplin Resimen Mahasiswa.

Sumber             : Pendam II

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button