HeadlineLampung

Diisukan Bakal Jabat Sekda Definitif, Novriwan Jaya: Belum Kepikiran Kesana, Jadi Kepala Bappeda juga Mengabdi

TULANG BAWANG BARAT – Terkait penetapan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), yang masih berstatus Pelaksana Harian (Plh) menjadi Penjabat (Pj) Sekda, masih memiliki waktu kerja selama 8 hari kedepan. Sehingga, dalam kurun waktu 7 hari, Pj Sekda Tubaba dipastikan akan dilantik.

Hal tersebut dikatakan Sofyan Nur Kepala Bagian Hukum Setdakab Tulangbawang Barat. Menurutnya, Pemkab telah memberikan usulan kepada Gubernur Lampung untuk memberikan persetujuan atau tidak menyetujui dan waktu untuk Bupati menerbitkan Surat Keterangan (SK) Pj Sekda Tubaba.

“Untuk penerbitan SK ini dengan batas lima hari itu belum terlampaui. Setelah penerbitkan SK oleh bupati di pasal 9 Bupati memiliki waktu 5 hari untuk melakukan pelantikan,” kata Sofyan Nur, seusai Rapat Paripurna DPRD Tubaba di Gedung Dewan, Kamis (17/9/2020).

Menurut dia, berdasarkan Perpes Nomor 3 tahun 2018, masih memiliki waktu kerja selama delapan hari kerja. “Terkait untuk penandatanganan seperti rapat paripurna kita ada proses yaitu Perda nomor 6 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan daerah setalah tiga hari penyetujuan kita akan kirim Raperda ke Gubenur,” ucapnya.

“Gubernur memilik 20 hari kerja untuk melakukan evaluasi setelah itu hasil evaluasi akan diperbaiki oleh pemerintah kabupaten bersama DPRD setalah itu Bupati juga memiliki waktu selama 30 hari untuk penandatanganan pengundangan,” imbuhnya lagi.

“Semoga dalam 7 hari kerja kedepan mudah-mudahan ini sudah dilakukan pelantikan pejabat Sekretaris Daerah. Permendagri Nomor 80 tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah pasal 124 juga mengatur tentang diperbolehkannya Plh Sekda menandatangani Raperda,” tambahnya.

Sementara, informasi yang didapat dari sumber bahwa, Pemkab Tubaba telah mengusulkan satu nama kepada Gubernur Lampung untuk dijadikan Pj Sekda Tubaba yaitu Novriwan Jaya, yang saat ini Plh Sekda dan merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tubaba.

Selain Plh dan Pj Sekda Tubaba, Novriwan Jaya juga berpotensi untuk menjadi Sekda Definitif, mengingat kepangkatannya saat ini sudah IV/b.

“Kalau usulan Pj Sekda ke Gubernur hanya satu nama,” kata Novriwan Jaya, saat berbincang dengan Ari Irawan Ketua Forum Wartawan Media Harian Tubaba Bersatu di ruang kerjanya.

Ditanya soal kesiapannya untuk ikut seleksi terbuka (Selter) Sekda Tubaba definitif, Novriwan Jaya tidak mau berandai-andai. Karena, menurutnya, menjadi Kepala Bappeda pun dirinya sudah turut berkiprah membangun Kabupaten Tubaba.

“Golongan saya IV/b, ya kalau ditanya bisa atau tidak itu syarat minimal untuk ikut Selter Sekda. Belum kepikiran kesana, jadi Kepala Bappeda juga mengabdi,” ungkapnya.

Laporan : Dedi III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button