Digulung Angin Puting Beliung, 14 Rumah Warga di Lubuklinggau Rusak

0
471

1 Warga Tertimpa Bangunan

LUBUKLINGGAU – Bencana alam angin puting beliung hantam pemukiman warga di Jalan Arjuna RT.6 Kelurahan Eka Marga Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Minggu sore, 10 April 2022, sekitar pukul 17:30 WIB.

Akibat terjangan angin puting beliung tersebut menyebabkan sedikitnya 14 rumah warga mengalami rusak. Dari 14 rumah itu, 3 di antaranya mengalami rusak berat.

Dari data yang diterima, selain menyebabkan belasan rumah rusak, bencana angin puting beliung juga mengakibatkan seorang warga, yakni Rusni mengalami luka pada bagian kepala akibat tertimpa reruntuhan batu bata rumahnya sehingga terpaksa dilarikan ke klinik D Tugumulyo untuk mendapatkan perawatan medis.

Informasi terakhir, korban Rusni harus mendapatkan 19 jahitan pada bagian kepala yang terluka.

Sementara itu, Camat Lubuklinggau Selatan II, Ahmad Azhari, usai menerima  laporan kejadian tersebut langsung menuju lokasi untuk melihat rumah-rumah warga rusak dan melihat korban di Kelinik D Tugumulyo.

“Ada 14 rumah yang terkena angin puting beliung, dari 14 rumah rusak, 3 rumah yang mengalami rusak berat dan korban, yaitu ibu Rusni yang mengalami luka di bagian kepala sudah di Kelinik D Tugumulyo yang mengalami luka 19 jahitan,” ungkap Ahmad Azhari, yang biasa disapa Aank didamping Lurah Eka Marga dan Ketua RT 06.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada warga untuk selalu waspada dan berjaga-jaga (siaga) terhadap curah hujan dan angin susulan yang bisa kembali terjadi.

Selanjutnya untuk yang terkena musibah, ia meminta agar warga sekitar untuk memberikan tumpangan menginap sementara mengingat saat ini bulan puasa Ramadan..

“Saya meminta kepada warga sekitar untuk berjaga-jaga dan memberikan tumpangan menginap bagi rumah yang mengalami rusak, takut akan terjadi hujan kembali,” pinta Ahmad Azhari, Camat Selatan II kepada warga sekitar, saat di lokasi kejadian.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Sekda, dan berkoordinasi dengan Dinsos terkait musibah angin puting beliung agar diberikan bantuan sembako.

Ahmad juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR dan Perkim Kota Lubuklinggau.

“Saya sudah melaporkan ke atasan langsung yaitu Sekda atas kejadian tersebut, dan berkoordinasi dengan Dinsos, Dinas PUPR dan Perkim untuk melakukan perbaikan rumah warga yang rusak,” sambungnya.

Sementara itu, salah satu warga yang rumahnya terkena musibah angin puting beliung berharap agar Pemerintah Kota Lubuklinggau segera membantu perbaikan rumah warga.

“Saya meminta pemerintah Kota Lubuklinggau untuk membantu melakukan perbaikan rumah yang mengalami rusak,” harapnya. (San)

Editor: Donni