Diduga Pemasangan Kabel Fiber Optic Asal-Asalan Sebabkan Drainase Tersumbat dan Genangi Jalan Kelurahan Talang Jawa Utara

1752
WARGA GOTONG ROYONG: Puluhan warga Kelurahan Talang Jawa Utara, Lahat, Kamis (07/03/2019) pagi, saat bergotong royong membersihkan saluran drainase di sepanjang jalan Letnan Marzuki, yang tersumbat akibat pemasangan kabel fiber optic milik Telkom, yang diduga asal-asalan sehingga menyebabkan sekitar kawasan tersebut banjir dan mengenangi badan jalan.

Sumateranews.co.id, LAHAT – Banjir yang mengenangi Jalan Letnan Marzuki Kelurahan Talang Jawa Utara, Lahat setiap turun hujan terjadi akibat tersumbatnya saluran drainase (parit) yang ada di sepanjang bahu jalan tersebut. Tak berfungsinya saluran drainase itu pun diduga akibat proyek pemasangan dan penanaman kabel fiber optic yang asal-asalan.

Kondisi itu pun semakin diperparah oleh meningkatnya volume sampah dan kotoran tanah yang menumpuk akibat drainase yang buntu dan tak mampu menampung debit air sehingga meluap dan mengenangi badan jalan di kawasan Kelurahan Talang Jawa Utara.

Hal itu diketahui setelah warga yang peduli dan bergotong royong melakukan pembongkaran di sepanjang saluran air tersebut. Betapa terkejutnya warga saat menemukan posisi kabel fiber optic tergeletak menumpuk begitu saja di dalam saluran air drainase. Sehingga menyebabkan saluran drainase tersumbat dan terjadi penumpukan sampah.

“Pemasangan kabel optic ini sembarangan, tergeletak begitu saja di dalam saluran air. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya banjir di sepanjang areal selokan selama ini,” ungkap Lurah Kelurahan Talang Jawa Utara, Jon Darmawan dengan nada kesal.

Dia pun menyesalkan kejadian itu. Setiap turun hujan lebat dengan intensitas lama akan mengakibatkan saluran air tersumbat dan airnya meluap ke jalan.

“Selain menggenangi rumah, banjir juga kerap menyebabkan terjadi kemacetan di jalan oleh kendaraan yang menumpuk dan berjalan lamban,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat, yakni Zul Becak (40) mengatakan selama proses pembersihan saluran drainase warga menemukan kabel optic sepanjang sekitar 20 meter. Tak hanya itu, ia juga menyebutkan warga mendapati bangkai pipa besi sepanjang 4 meter dalam selokan tersebut.

“Penyebab tersumbatnya air ini dikarenakan ada kabel Optic sepanjang 20 meter, ditambah lagi pipa besi sepanjang 4 meter. Alhamdulilah bisa kami selesaikan bersama- sama sehingga bisa diatasi,” tukasnya.

Laporan : Novita

Editor     : Donny

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here