Diduga Mengandung Semen, Dinas Lingkungan Hidup OKI Bakal Cek Limbah Dua PT Waskita

0
447

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG – Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) rencananya bakal memeriksa ke lapangan terkait dugaan terjadinya pencemaran dari limbah milik PT Waskita Karya di saluran drainase di lingkungan Perumahan Sepucuk Permai Kelurahan Katon Kecamatan kota Kayuagung OKI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKI, Drs H Alamsyah MSi melalui sambungan handphone ketika berhasil dikonfirmasi membenarkan pihaknya akan turun ke lapangan guna memeriksa langsung dugaan pencemaran limbah semen di saluran drainase perumahan.

“Dengan adanya pemberitaan itu, kita segera akan menurunkan tim penataan lingkungan untuk memastikan dan mengecek dugaan adanya limbah dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar,” ujar Alamsyah, ketika dihubungi belum lama ini.
Tak hanya itu, dikatakan Alamsyah pihaknya juga akan mengambil sample limbah untuk di cek di labor guna menentukan langkah selanjutnya terhadap pihak pelaksana soal system pengelolaan limbahnya.

Sementara hingga berita ini diterbitkan belum ada pernyataan resmi dari pihak pelaksana. Menurut salah satu staf kantor PT Waskita Readymix, Rd (inisial, red) menyebutkan yang bersangkutan sedang tidak berada ditempat. “Struktur organisasi perusahaan paling tinggi disini yaitu dikepalai Kavelin, kalau humas pak Tyo. Paling di back up sama bagian KSDM, yang membangun untuk bagian PT Waskita Readymix itu pak Yoga. Untuk kepala kantornya sendiri itu pak Dedi Tyas pak, sementara dari PT Waskita Precast itu KSDM nya Yogit,” tuturnya.

Namun dia menjelaskan, untuk lokasi pembuangan limbah dibagi dua tim. Kendalanya kolamnya hanya ada satu yakni punya PT Waskita Precast dan Waskita Readymic. “Berhubung kedua orang dari masing – masing KSDM tidak ada ditempat mendingan nanti isi buku tamu atau tinggalkan kartu nama, sehingga nantinya bisa dihubungi oleh pak Kavelin,” ujarnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, diduga terjadi pencemaran limbah berupa semen yang mencemari saluran drainase Perumahan Sepucuk Permai di Kelurahan Keaton Kecamatan Kota Kayuagung OKI akibat pengolahan bahan material milik PT Waskita Precast dan Waskita Readymic untuk proyek Jalan Tol Pematang Panggang – Kayuagung.

Menurut Feri (40) warga Kayuagung kemungkinan besar, limbah semen yang terbawa arus air dikarenakan hujan dan air pasang akan mengalir melalui rawa maupun lebak dari Kelurahan Kutaraya, Perigi, Kayuagung Asli, Desa Arisan Buntal, Tanjung Lubuk, Serigeni Lama dan Serigeni Baru, Tanjung Serang, Teloko dan Desa Tanjung Menang serta Desa yang ada dibagian Hilir sungai lainnya. “Jika memang berdampak dan mengalir ke sungai Komering, diduga dampaknya akan sangat fatal, untuk itu kiranya pihak terkait dapat segera mengecek limbah tersebut dan hasilnya dapat diberitahukan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak cemas,” tandasnya.

Pantauan sumateranews.co.id, dari hasil check and richek dilapangan terlihat banyak pekerja Waskita yang tidak memakai helm. bahkan limbah semen yang dihasilkan dari pengolahan bahan material kedua PT Waskita tersebut kini sudah membeku dan mengeluarkan aroma bau tak sedap dari semen tersebut.

Laporan : Aliaman
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article