Diawali Defile Kafilah, Ribuan Masyarakat Saksikan Pembukaan MTQ ke-50

24

Sumateranews.co.id, RIAU- Diawali dengan pelaksanaan Defile Kafilah dari 21 Kecamatan se-Kabupaten Kampar yang diiringi Marchin Band Satpol PP Kampar, pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten ke-50 tahun 2019 resmi dibuka.

Disaksikan ribuan masyarakat Simalinyang dan sekitarnya, kegiatan tahunan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH di Halaman Kantor Camat Kampar Kiri Tengah, Sabtu malam (6/7/19).

Setelah kegiatan defile, acara pembukaan dimulai pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Erdawati dan Yurni. Usai pembacaan ayat suci dilanjutkan dengan sambutan Kementrian Agama Kabupaten Kampar Drs Alfian, M.Ag.

Sebelum melakukan pemukulan beduk tanda dibukanya MTQ, Bupati Kampar yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kampar Kiri Tengah khususnya masyarakat Simalinyang yang ikut meramaikan pembukaan acara tersebut.

Catur berharap dengan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten, ini sekaligus akan menjadi ajang penyaringan para qori dan qori’ah yang akan mewakili Kabupaten Kampar pada MTQ tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kampar Desember 2019 nantinya.

Ketua Panitia Pelaksana Yurnalis dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ ke-50 akan berlangsung lebih kurang selama 7 hari mulai tanggal 6 – 12 Juli 2019. Adapun cabang yang diperlombakan sebanyak 7 Cabang, dimana dalam hal ini pertama adalah cabang Tilawah Al-Qur’an, Hidzil Qur’an, Tafsir Queen’an, Fahmil, Sarhil, Tarthil Qur’an, serta cabang Tilawatil Qur’an. Untuk peserta dating 21 Kecamatan berjumlah 545 orang dan 63 para Dewan Hakim.

Seperti biasa setelah dibuka secara resmi dan penyerahan Piala Bupati, kemeriahan pembukaan MTQ diakhiri dengan pesta kembang api yang sangat menghibur para masyarakat yang menyaksikannya pada malam yang cerah tersebut.

 

Laporan          : Arifin

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here