Di Hari Terakhir Tugasnya, Kepala BBPOM Palembang Masih Temukan Apotik Jual Sejumlah Suplemen Kadaluarsa

0
113

Terungkap Saat Diajak Wawako Palembang Tinjau Apotik

PALEMBANG – Di hari terakhir masa tugasnya sebagai Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Palembang, Drs Martin Suhendri Apt M.Farm diajak Wakil Wali kota Palembang, Fitrianti Agustinda untuk meninjau beberapa lokasi pusat penjualan obat (Apotik) di seputar kawasan Jalan Dempo Palembang, Rabu (12/1/2022).

Dikatakan Fitri, kunjungan yang dilakukan tersebut berkaitan dengan pemantauan keamanan sejumlah obat yang dijual, baik dari kemasan, kadaluarsa ataupun adanya klaim obat yang berlebihan.

“Hari ini ada Apotik Mangga Mulia dan Apotik Dempo yang kita kunjungi, tetapi dari hasil tinjauan kami tidak menemukan obat-obat yang melewati kadaluarsanya,” terang Fitri.

Namun, dari pantauan itu, sambung Wakil Wali kota Palembang dua periode ini, pihaknya bersama BBPOM menemukan beberapa suplemen yang masa izinnya sudah melewati batas atau kadaluarsa.

“Memang masih bisa kita lakukan pembinaan, untuk semacam suplemen yang memang masa izinnya sudah lewat dan kadaluarsa,” ujarnya.

Masih dikatakan Fitri, pihaknya juga sempat menemukan beberapa obat dengan klaim yang dinilai telah berlebihan atau tidak sewajarnya.

“Padahal kandungan di dalamnya tidak begitu hebat seperti klaimnya. Hal-hal seperti itulah yang saat ini kami temukan. Kita sudah sampaikan dan akan kita adakan pembinaan,” tegasnya.

Disampaikan Fitri, dalam pemantauan yang terus dilakukan kepada seluruh apotik yang ada di kota Palembang, dirinya berharap kedepan para apotik yang ada dapat terus menjaga obat-obatannya.

“Teruslah jaga obat-obatnya sehingga tidak melewati masa kadaluarsa dan jangan sampai mengandung hal-hal yang berbahaya. Bahkan takutnya yang mengkonsumsi tadi malahan timbul suatu penyakit,” tutup Fitri. (*)

Editor : Donni