Dewan Pers Kembali Verifikasi Faktual 9 Perusahaan Pers di Sumsel

0
221
Dewan Pers Kembali Verifikasi Faktual 9 Perusahaan Pers di Sumsel
Pimpinan Redaksi sekaligus Penanggung Jawab Laman media siber sumateranews.co.id, Donni, saat menerima penyerahan buku Dewan Pers Periode 2019 – 2020 berjudul: Mengembangkan Kemerdekaan Pers dan Meningkatkan Kehidupan Pers Nasional, dari Anggota Dewan Pers Jamalul Insan didampingi staf pendataan, Rita, usai melakukan verifikasi faktual, di depan halaman kantor redaksi sumateranews.co.id, Rabu (25/11/2020) sore.

PRABUMULIH – Dewan Pers selama 3 hari dari Selasa hingga Kamis, 24 – 26 November 2020 melakukan verifikasi factual (Verfak) terhadap sejumlah perusahaan media online dan cetak yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Tercatat dari 9 perusahaan pers, yang diverifikasi factual 3 di antaranya berasal dari Kota Prabumulih.

Ketiga perusahaan media ini yakni, 2 media online (siber), sumateranews.co.id dan liputansumsel.com, serta 1 media cetak local Harian Prabumulih Pos, secara bergiliran mengikuti verifikasi yang dilakukan oleh Tim Pendataan Dewan Pers, yang diketuai oleh Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan didampingi staf Pendataan Dewan Pers, Rita dan Fitri.

Seperti pelaksanaan verfak sebelumnya, Tim Pendataan Dewan Pers ini selain melakukan pengecekan satu per satu berkas kelengkapan dokumen perusahaan pers, juga memberikan pengarahan terkait hal yang dibolehkan dan tidak boleh dilakukan oleh perusahaan media terutama menyangkut masalah pemberitaan.

“Banyak contoh seperti kejadian di daerah Kalimantan, yang harus diperhatikan oleh seluruh media (perusahaan pers). Jangan sampai hal itu terus berulang terjadi,” pesan Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers ini, saat melakukan verifikasi factual di Kantor Redaksi media siber sumateranews.co.id, di Jalan Angkatan 45, Gang Semeru, RT 03, RW 03, Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur, Rabu (25/11/2020) sore.

Selanjutnya, sebelum meninggalkan kantor redaksi, usai sekitar 2 jam melakukan verifikasi factual, Tim Pendataan Dewan Pers menyempatkan melakukan foto bersama dengan Pimpinan Redaksi, Donni SH, dan beberapa perwakilan kepala biro daerah sumateranews.co.id, sekaligus penyerahan buku Dewan Pers Periode 2019 – 2020 berjudul: Mengembangkan Kemerdekaan Pers dan Meningkatkan Kehidupan Pers Nasional, di depan halaman kantor redaksi sumateranews.co.id.

Sebelumnya, rombongan Dewan Pers ini terlebih dahulu melakukan verifikasi faktual di Kantor redaksi media cetak local Harian Prabumulih Pos di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Patih Galung, Prabumulih Barat, dan media siber liputansumsel.com di Perumahan Vina Sejahtera Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Laporan : King III Editor : Donni