Desa Pandan Arang Ulu Kota Agung Miliki Produk Kopi Khas Daerah

0
282

Sumateranews.co.id, LAHAT- Kabupaten Lahat cukup terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Sumatera Selatan.

Dan ternyata banyak produk olahan kopi asli Kabupaten Lahat ini yang mulai dikembangkan masyarakat. Salah satunya adalah di Desa Pandan Arang Ulu Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat.

Awak media sempat berkunjung ke Desa Pandan Arang Ulu Sabtu (15/09/2018) dan bertemu langsung dengan Kepala Desa Tantawi serta Ketua Bumdes Desa Pandan Arang Ulu Lastriana.

“Ini kopi asli desa sini dan masih diolah secara tradisional. Kopi yang diberi nama BumDes Mandiri PAU (Pandan Arang Ulu) ini memiliki dua rasa. Ada yang original dan rasa jahe. Biji kopi yang diolah oleh kelompok BumDes Pandan Arang Ulu ini adalah hasil dari kebun kopi asli masyarakat sini,’’ ujar Lastri.

‘’Jenis kopinya adalah Robusta, dan merupakan biji kopi asli masyarakat desa sinilah,” tambah Tantawi.

Sementara itu, Lastriana sebagai Ketua Bumdes Desa Pandan Arang Ulu menjelaskan bahwa masih banyak yang harus dibenahi untuk produk mereka. Salah satunya adalah packaging. “Kita akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas produk agar bisa laku di pasaran. Salah satunya adalah pembungkusan (packing),’’ tegasnya.

Awak media sempat mencicip kopi ini dan memang memiliki kualitas rasa yang cukup bagus. ‘’Untuk membawa pulang 1 kg kopi, masyarakat bisa membelinya dengan harga Rp. 60.000, tersedia dalam ukuran 1/4 kg dan 1/2 kg.

Laporan          : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali