Desa Keban, Lokasi Transmigrasi Lahat Hingga Kini

0
906

Sumateranews.co.id, LAHAT- Tak banyak orang Sumsel yang tahu, kalau Desa Keban Kecamatan Kikim Selatan Lahat hingga kini masih menjadi lokasi transmigrasi asal Jawa.

Keberhasilan para transmigrasi di Desa Keban selama ini, menjadikan Kabupaten Lahat tetaplah menjadi tujuan perpindahan penduduk dari daratan Jawa ke Sumatera. Selain Lahat, daerah tujuan warga trans juga berada di Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Musi Rawas.

“Penempatan awal warga trans tahun 2015 berjumlah 100 kk,  tahun 2016  70 Kk. Dan tahun    2017  ini ada 75 KK. Lokasinya berada di Desa Keban itu,’’ ujar  Kadis Transmigrasi Lahat Ir Ismail Hanafiah MTP melalui Awang Firmansyah selaku Kabid Ketransmigrasian Kabupaten Lahat, Jumat (8/12).

Kehidupan awal para warga trans dalam beberapa bulan di tanah yang baru itu masih mendapatkan subsidi dari pemerintah setempat. ‘’Selama membuka lahan sampai mereka menghasilkan mereka mendapat jadup (jatah hidup) dari Pemerintah, berupa beras dan non beras. Jadi mereka tidak perlu khawatir. Kita harapkan, warga transmigrasi  ini dapat memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini belum dimaksimalkan penggunaannya,’’ tandas Awang.

Laporan            : Novita

Editor/Posting   : Imam Ghazali