DELAPAN TIM ORAMIL KODAM II/SWJ LOMBA TAKLUKAN MEDAN AIR BATU

0
145

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Delapan Tim Lomba Olahraga Militer (Oramil) dalam rangka HUT Ke-72 Kodam II/Swj melaksanakan Aplikasi Ilmu Medan (Ilmed) atau Navigasi Darat yang dilaksanakan di daerah Air Batu, Serong – Banyuasin, Kamis (18/1/2018).

Aplikasi Ilmed ini merupakan kegiatan lanjutan setelah sehari sebelumnya para peserta yang terdiri dari delapan Tim Oramil yang berasal dari satuan jajaran Kodam II/Swj tersebut melaksanakan lomba Ujian Teori Ilmed yang dilaksanakan di Markas Yonif Raider 200/BN.

Aplikasi Ilmu Medan ini juga merupakan salah satu materi lomba yang bukan hanya mengandalkan kemampuan fisik yang prima bagi para peserta lomba saja, tetapi juga mengandalkan pengetahuan Navigasi darat dalam menghitung dan menentukan koordinat serta membaca tanda-tanda medan pada Peta secara cepat dan tepat.
Adapun kedelapan Tim yang akan bersaing menaklukan medan di daerah Air Batu Komplek tersebut adalah Yonif Raider 200/BN, Yonif Raider 142/KJ, Yonif 143/TWEJ, Yonif 144/JY, Yonkav 5/DPC, Yon Armed 15/105 Tarik, Yonarhanud 12/SBP, dan Yon Zipur 2/SG.

Dengan menggunakan perlengkapan rangsel beban 5,5 Kg, helm, dan senjata serta GPS Garmin, para peserta harus menempuh jarak sejauh kurang lebih 16 km. Adapun medan yang harus mereka lewati meliputi tanjakan, sungai dan rawa dan medan-medan sulit lainnya yang ada di Air Batu Komplek, Serong.

Selain kecepatan waktu tiba di garis finish, para peserta juga dituntut untuk mampu mengisi 7 sasaran yang disiapkan oleh panitia lomba. Sehingga fisik dan otak menjadi hal yang utama pada aplikasi Ilmu Medan tersebut.

Agar dalam pelaksanaan Lomba Aplikasi Ilmed dapat berjalan lancar maka pihak panitia telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi terjadinya hambatan-hambatan yang mungkin timbul.

Medan yang akan dilalui oleh para peserta Lomba Oramil HUT Ke-72 Kodam II/Swj tahun 2018 ini sangat berat, maka penempatan pos- pos Tim Kesehatan sangat diperlukan. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan Koordinator Materi Lomba Ilmu Medan Katopdam II/Swj Kolonel Ctp Drs. Soehardjito, H.S., M. Sc., tentang pelaksanaan dan aturan lomba.

Beberapa aturan yang tersebut antara lain, untuk waktu pelaksanaan diberlakukan 2 jam 30 menit mulai dari titik Start ke Finish, jarak tempuh secara keseluruhan sejauh 16 KM, per-etape jarak maksimal 2500 meter dengan jarak waktu tempuh 20 menit sedangkan setiap per-etape ada dua sampai tiga sasaran koordinat.

Berdasarkan akumulasi dengan hasil nilai Ujian Teori Ilmu Medan yang digabungkan dengan hasil nilai yang diperoleh pada lomba Aplikasi Ilmed (praktek) oleh panitia lomba, maka keluar sebagai Juara 1 adalah Yonif Raider 200/BN dengan total nilai 955,8, diikuti Juara 2 Yonif Raider 142/KJ dengan jumlah nilai 858,7 dan Juara 3 dari Yonkav 5/DPC dengan raihan nilai 851,7. Sedangkan untuk Juara 4 diraih oleh Yonif 143/TWEJ dengan total nilai 845,3.

Sumber : Pendam II
Editor/Posting : Imam Ghazali