PendidikanSecond Headline

Dekan Cup FKIP UPGRI, Tumbuhkan Minat Baca Al Quran

Sumateranews.co.id, PALEMBANG ─ Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang mengadakan Dekan Cup yang dilaksanakan mulai pada tanggal 17-22 Desember 2018. Salah satu lomba yang diadakan dalam kegiatan Dekan Cup adalah MTQ. Lomba MTQ dilaksanakan di Auditorium 406 Lantai 4 Gedung Business and Science Center. Selasa (18/12/18)

Peserta lomba adalah mahasiswa se-Kota Palembang. Lomba MTQ ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antarmahasiswa di Kota Palembang dan juga untuk mencari bibit baru untuk regenerasi Mahasiswa berbakat dibidang MTQ. Lomba MTQ ( Musabaqah Tilawatil Qur’an ) merupakan perlombaan yg penting terutama bagi Syiar Islam.

Rendi Setiawan, Koordinator Lomba MTQ menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting baik bagi mahasiswa maupun kampus PGRI itu sendiri karena dengan adanya agenda ini dapat mewujudkan rasa ketertarikan mahasiswa terhadap kitab Islam. Selain itu, perlombaan MTQ ini salah satu perlombaan yg mendapat dukungan dari Dikti dan juga dapat meningkatkan akreditasi kampus PGRI itu sendiri.

Rendi berharap kedepannya agar perlombaan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan / berkelanjutan dengan baik dari pihak BEM, HMPS maupun Ormawa lainnya. Dengan itu, kampus PGRI juga akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luar. Tidak hanya sekitaran Sumatera Selatan tapi juga wilayah Indonesia lainnya.

Sefrian Mahasra, Gubernur BEM FKIP mengungkapkan harapannya bahwa dengan diselenggarakannya lomba MTQ ini dapat meningkatkan minat baca Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. “Besar harapan saya melalui lomba MTQ ini dapat meningkat minat membaca peserta, panitia, dan juri dalam membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi lomba yang selalu akan dipertandingkan setiap kegiatan”, ungkapnya.

Dekan FKIP, Dr Dessy Wardiah MPd, mengungkapkan bahwa kegiatan Dekan Cup tahun ini sudah lebih banyak tangkai lombanya, salah satunya MTQ. “Lomba MTQ sangat bagus dalam penumbuhan karakter-karakter positif sesuai dengan tuntunan Al Quran. Selain itu, dengan diadakan lomba MTQ di kampus UPGRI Palembang dapat menumbuhkan minat baca Al Quran bagi kita semua”, tuturnya.

Rektor UPGRI Palembang, Dr H Bukman Lian MM MSi, berharap bahwa kegiatan Dekan Cup ini dapat menjadi agenda rutin bagi BEM FKIP. “Saya berharap kegiatan Dekan Cup ini dapat menjadi agenda rutin bagi BEM FKIP. Selain itu, kedepannya lomba yang diadakan pun harus bervariatif.  Saya sangat gembira saat mendengar ada lomba MTQ karena hal ini dapat memacu diri kita dalam berbenah diri untuk membaca dan mengaplikasikan Al Quran tersebut dalam kehidupan sehari-hari”, tandasnya.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button