Debat Publik Paslon Bupati dan Wabup OKI Berlangsung Semarak

0
145

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Debat Publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati OKI periode 2019-2024 tahap pertama yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI di Gedung DPRD OKI, Selada (27/3) berlangsung semarak, aman, dan sukses.

Debat Publik tersebut diikuti oleh ketiga paslon Bupati dan wabup OKI yakni, Paslon dengan nomor urut 1 (H. Iskandar – H. Muhammad Dja’far), paslon nomor urut 2 (Abdiyanto – Made Indrawan) ,dan paslon nomor urut 3 (H. Azhari Efendi – H Qomarus Zaman). Hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan, Plt Bupati OKI, H.M. Rifa’i, FKPD OKI, para anggota DPRD OKI, Akademisi, Komisioner KPU OKI, para ASN di jajaran Pemkab.OKI, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, ormas, orsospol, LSM dan masyarakat, serta para Timses dan pendukung  masing masing paslon.

Ketua KPU OKI, Dedi Irawan dalam sambutannya mengatakan, debat publik paslon ini merupakan salah satu moment penting dalam tahapan pilkada bagi masing- masing paslon. Sebab dalam kegiatan ini paslon dapat menyampaikan langsung visi dan misi mereka ke masyarakat.

“Berdebatlah secara profesional, jangan berdebat seperti di warung kopi. Ini momentum bagi paslon untuk mematangkan visi dan misi, sekaligus mengajak masyarakat memilih pemimpin yang benar-benar sesuai yang diharapkan, karena sudah saatnya masyarakat cerdas dan pintar dalam memberikan hak suaranya, siapa yang baik menurut mereka,’’ ungkapnya.

Dalam paparan visi dan misinya, paslon nomor urut 1 (H Iskandar – H.Muhammad Dja’far Shdiq) memaparkan bahwa akan melanjutkan pembangunan OKI dari desa, sehingga ke depan akan lebih maju, mandiri dan sejahtera berlandaskan Iman dan taqwa. Tetap fokus pada pembangunan infrastruktur terutama jalan, mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, supremasi hukum, meningkatkan kinerja aparatur sipil yang profesional, meningkatkan dan memanfaatkan sarana prasarana yang telah ada, cetak sawah, satu desa satu PAUD, satu desa satu poskesdes, irigasi, dan lain – lain.

Sementara itu paslon nomor urut 2  (Abdiyanto-Made Indrawan) memaparkan visi dan misi mereka. Di antaranya menciptakan Kabupaten OKI mandiri, beriman, adil, dan merata serta pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritas utamanya. Menurut Made, jalan merupakan suatu hal yang sangat vital dalam mencapai pertumbuhan ekonomi menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan merata.

Lain halnya dengan paslon nomor urur 3 ( H Azhari Efendi- H.Qomarus Zaman) yang menawarkan program unggulan selain dari pembangunan infrastruktur, sekolah gratis dan berobat gratis bagi masyarakat OKI menjadi prioritas dalam program unggulannya dengan semboyan “OKI Berbenah”.

Usai paparan visi dan misi serta program pada sesi debat pertama paslon tersebut, diteruskan dengan segmen pertanyaan dari ketiga panelis yakni Dr. Andreas Leonardo, Dr. Markoni Badri MBA, dan Prof dr Abdullah kepada ketiga paslon yang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab antara ketiga paslon secara bergiliran dengan durasi waktu 1 s.d 3 menit.

Semarak acara ini juga berkat panduan moderator Caca Anisa dari TV One Jakarta.

Laporan          : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali