HeadlineLampungNusantara

Dapat Opini WDP, Bupati Mesuji Pacu Kinerja Lebih Giat Lagi

Sumateranews.co.id, MESUJI – Bupati Mesuji Saply TH mengaku akan menjadikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) sebagai motivasi untuk memacu kinerja lebih giat lagi.

Hal ini disampaikannya terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Mesuji Tahun Anggaran 2019 secara virtual di Wiralaga Mulya, Senin (29/06/2020).

Di samping itu, atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji ia juga menyampaikan penghargaan kepada BPK-RI Perwakilan Provinsi Lampung atas diserahkannya LHP dan LKPD Kabupaten Mesuji Tahun Anggaran 2019.

“Ucapan terima kasih juga saya haturkan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Mesuji atas kerja sama dan sinergi yang baik selama ini. Demikian pula pada seluruh jajaran Organisai Perangkat Daerah (OPD) atas komitmen dan kerja keras dalam pengelolaan keuangan daerah,” ucap Saply TH.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mesuji, Hj. Elfianah, dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa,  apapun opini yang diberikan BPK, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja Pemerintah Daerah agar semakin efektif dan efisien.

“Namun meski demikian, kita berharap pada tahun-tahun berikutnya kita akan memperoleh opini terbaik yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tegas Elfianah.

Disampaikan Elfianah, penyampaian LHP dan LKPD ini adalah amanat konstitusional sesuai ketentuan UUD 1945, UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, dan UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mesuji, Olpina Putra, M.H, menyebut opini WDP kali ini terjadi akibat  ketidakwajaran atas pencatatan asset oleh masing-masing OPD dalam dua tahun terakhir.

Karenanya, masih kata Olpin, ke depan, hal ini akan diperbaiki agar dapat menghasil penghitugan aset secara wajar.

“Dengan demikian, kita bisa meraih pridikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” pungkasnya.

Turut hadir dikesempatan itu; Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Lampung, Pimpinan DPRD Kabupaten Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji.

Laporan : Aan S III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button