Danrindam Pimpin Upacara Pasukan Peleton Beranting

0
214

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Danrindam II/Swj Kolonel Inf Kolonel Inf Dwi Wahyudi, S. AN., memimpin Upacara Pelepasan  Pasukan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (Tonting YWPJ)  dalam rangka memperingati Hari Infanteri Ke-69 tahun 2017 di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Palembang, Sabtu (16/12/2017).

Pangdam II/Swj Mayjen TNI A.M. Putranto, S. Sos., dalam amanat tertulis yang dibacakan Danrindam II/Swj Kolonel Inf Dwi Wahyudi, S. AN., menyampaikan bahwa gerak jalan Peleton Beranting Yuddha Wastu Pramukha Jaya merupakan manifestasi dari nilai-nilai luhur perjuangan bangsa, semangat pantang menyerah dan keteladanan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang perlu dipelihara dan dilestarikan oleh generasi penerus, khususnya generasi muda Indonesia, menumbuhkan jiwa korsa sesama prajurit Infanteri maupun prajurit TNI lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengharapakan bahwa melalui kegiatan gerak jalan Tonting YWPJ akan dapat memelihara dan meningkatkan jiwa soliditas sesama prajurit TNI dan meningkatkan kerja sama serta kemanunggalan antar prajurit TNI dengan seluruh komponen bangsa.

“Selain itu, gerak jalan Tonting YWPJ adalah ciri khas prajurit Infanteri dan merupakan tolak ukur dalam menilai kualitas kesemaptaan jasmani dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI AD,” tuturnya.

Adapun tujuan dilaksanakan gerak jalan Tonting YWPJ ini adalah untuk mewujudkan jiwa korsa dan kebanggan prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran, serta menanamkan jiwa kejuangan, semangat pantang menyerah dan keteladanan Panglima Besar Jenderal Sudirman kepada generasi muda, khususnya generasi muda TNI AD.

Upacara pelepasan ditandai dengan penyerahan simbol YWPJ. Kegiatan diawali dari titik star di Depan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, untuk menuju Etape I di Lapangan RM. Kramasan, Palembang dengan jarak tempuh sekitar 23 Km. Untuk Peleton Inti YWPJ adalah dari Satuan Yonif 142/KJ dengan Peleton pendamping dari Satuan Yonarhanud 12/SBP.

Turut hadir pada Upacara Pelepasan Peleton Beranting tersebut, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Perwira Ahli Pangdam Kolonel Inf Dolok Saribu, para Kabalakdam II/Swj, Dansat Brimob Polda Sumsel, Dansat Pol PP Provinsi Sumsel dan Camat Gandus.

Untuk diketahui bahwa, peserta gerak jalan Tonting YWPJ, terdiri dari peleton inti satuan tempur Infanteri yang terdiri dari Yonif Raider 200/BN, Yonif 141 AYJP, Yonif 142/KJ, Yonif 143/TWEJ, dan Yonif 144/JY. Sedangkan peleton pengantar (pendamping) dari satuan bantuan tempur, yakni; Yonkav 5/DPC, Yonarmed 15/105 Tarik, Yonarhanud 12/SBP, Yonzipur 2/SG, dan Yonzikon 12/KJ, akan menempuh jarak sekitar 230 Km, yang dibagi dalam 10 etape. Untuk etape terakhir gerak jalan peleton beranting (etape ke-10) akan dilaksanakan pada hari Selasa (19/12/2015).

Selain peleton inti dan peleton pengantar juga akan diikuti oleh seluruh Pamen dan Perwira Infanteri Kodam II/Swj. Rencananya Pangdam II/Swj dan Kasdam II/Swj beserta pejabat teras Kodam II/Swj akan mengikuti gerak jalan etape terakhir, mulai dari Stasiun Kertapati sampai dengan finish di lapangan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Sumber            : Pendam II

Editor/Posting : Imam Ghazali