DANRAMIL 01 TANJUNGPANDAN JADI PEMBINA UPACARA

0
185

Sumateranews.co.id, BABEL- Setiap hari Senin, setiap sekolah diwajibkan melaksanakan Upacara Bendera. Dan khusus pada Senin (16/10) pagi tadi, Danramil 414-01 Tanjungpandan Mayor Inf Djoko Lelono  mendapat tugas permintaan dari Kepala sekolah  SMP Negeri 2 Tanjungpandan Kab Belitung untuk menjadi Pembina Upacara.

 

Dalam amanatnya, Djoko menggugah tentang makna upacara yang harus dilaksanakan. ‘’Makna yang terkandung dalam upacara di antaranya disiplin. Dimana para siswa harus tepat waktu dan sesuai dengan urutan upacara yang telah diatur. Lalu makna  kepemimpinan. Setiap upacara siswa akan ditunjuk menjadi pemimpin dalam pelaksanaan kegiatan  sesuai tugas dan tanggung jawabnya dalam upacara. Di sinilah kesempatan menunjukkan yang terbaik kepada rekan dan dewan gurunya tentang kemampuan memimpin dari para siswa tersebu,’’ tutur Djoko.

Selain itu, Djoko juga menggugah kembali rasa nasionalisme berarti menanamkan rasa cinta terhadap tanah air dengan melaksanakan penghormatan kepada Bendera Merah Putih.

Selanjutnya Danramil menyampaikan tentang Pancasila dan etika terhadap orang tua, para, dan etika bermasyarakat serta  sesama rekan siswa.

Sebelum meninggalkan mimbar Upacara Danramil memberikan pembekalan kepada siswa siswi bagaimana sikap yang baik dalam upacara sehingga upacara menjadi lebih khidmat.

Dalam kegiatan upacara itu, hadir Kepala Sekolah Iskamil, 10 Staf Sekolah dan 36 Ibu/Bapak Guru serta 602 Siswa (282 Siswa dan 320 Siswi). Pada kesempatan itu juga Kepala Sekolah berterima kasih kepada Danramil Tanjungpandan dan Babinsa Sertu Astiandi yang selama ini telah mengisi kegiatan ekstrakurikuler di tersebut.

Sumber             : Pendam II

Editor/Posting   : Imam Ghazali