Dana Desa Pesatkan Pembangunan Pedesaan

0
186

Sumateranews.co.id, PALI- Pasca bergulirnya program pemerintah pusat ke setiap desa di nusantara, berupa Dana Desa (DD) mulai dirasakan azas manfaatnya oleh masyarakat. Seperti halnya di Desa Sukarami Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI. Di sana, pembangunan pun kini berjalan demikian pesat.

Semenjak menyerap Dana Desa perdana pada medio 2015 lalu, desa yang dinahkodai oleh Sarlison, selaku Kepala Desa (Kades) itu, kian giat melaksanakan pembangunan terutama infrastruktur umum.

Menurut Sarlison, pada 2015, desanya mulai menyerap Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu dengan membangun siring dan pemberdayaan masyarakat lainnya.

“Seluruh pembangunan yang bersumber dari DD kesemuanya merupakan usul masyarakat yang kita tampung dan realisasikan dari musyawarah desa,” ujar Kades di kediamannya, Rabu (27/09).

Sementara pada realisasi DD tahun anggaran 2016 lalu, tambah Kades yang dilantik pada 2015 lalu itu, Desa Sukarami antara lain menyelesaikan pembangunan fisik berupa siring dan Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Sedangkan tahun ini (2017,red) kita juga sudah melaksanakan beberapa kegiatan, dengan DD tahap I sebesar Rp545 juta,” urai Sarlison.

Adapun kegiatan tersebut yakni pembuatan jamban sebanyak 10 buah, pembangunan jalan setapak 150 meter (30%), tangga pemandian warga, serta peningkatan jembatan cor beton di Sungai Pelurus.

“Nanti pada pencairan tahap II rencananya akan dilanjutkan pembangunan jalan setapak hingga 800 meter lebih, dengan nilai pencairan DD Tahap II yakni Rp400 juta,” tuturnya antusias.

Terkait dengan itu, Sarlison sangat bersyukur. Dimana Dana Desa sudah menuai manfaat yang kini dirasakan oleh masyarakat desanya. Ia pun dapat merealisasikan janji politiknya saat mencalonkan diri menjadi Kepala Desa. Berupa prioritas pembangunan jalan setapak, yang memang sudah lama diidam-idamkan warga.

“Dengan DD, semua usulan masyarakat dapat kita realisasikan. Artinya pembangunan desa kami yang selama ini dipandang lamban sekarang terus gencar dilaksanakan. Diharap masyarakat pun dapat merasakan manfaatnya,” tukas Kades.

Sementara itu, Sukarman (47), warga setempat, mengaku sangat senang dan mendukung program Dana Desa dari pemerintah pusat. Ia yakin, jika beberapa tahun ke depan, desanya akan sangat berkembang dengan pembangunan yang merata serta manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap warga.

“Jargon ‘Desa membangun Indonesia’ sangat tepat. Dengan adanya Dana Desa, masyarakat dapat mengusulkan kebutuhan di desa mereka sendiri, dapat merealisasikannya. Kini manfaat itu pun sudah mulai kami rasakan,” pungkasnya.

Laporan  : Rica Mariska

Editor      : Imam Ghazali

Posting    : Andre