DANA DESA MAJUKAN PEMBANGUNAN DESA ULAK PANDAN

0
516

Sumateranews.co.id, LAHAT – Pasca bergulirnya program pemerintah pusat ke setiap desa di nusantara, berupa Dana Desa (DD) mulai dirasakan azas manfaatnya oleh masyarakat. Seperti halnya di Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat. Di sana, pembangunan pun kini berjalan demikian pesat.

Semenjak menyerap Dana Desa perdana pada media 2015 lalu, desa yang dinahkodai oleh Susiawan, selaku Kepala Desa (Kades) Ulak Pandan, kian giat melaksanakan pembangunan terutama infrastruktur umum. Seperti jalan setapak, lapangan futsal, taman depan kantor desa, Wisata Pelancu, dan lainnya.

Menurut Susiawan, pada 2015, desanya mulai menyerap Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu dengan membangun siring dan pemberdayaan masyarakat lainnya.

“Seluruh pembangunan yang bersumber dari DD kesemuanya merupakan usul masyarakat yang kita tampung dan realisasikan dari musyawarah desa,” ujar Susiawan di kediamannya, Rabu (27/09/17).

Awalnya, tiada terbersit di benak Wawan sapaan dari Susiawan Kades Ulak Pandan Kec Merapi Barat untuk membangun desanya sendiri. Mengapa?

Sebab selepas Tamat SMA Wawan merantau ke Pulau Jawa. Sebab saat itu di desanya tidak menjanjikan penghidupan yang layak pikirnya. Di perantaun Wawan melihat dengan segala kekurangan lahan tapi mengapa Pulau Jawa sangat mempesona dan mengubah perekonomian rakyat di sana sangat baik.

Dengan bekal yang ada, maka tahun 2012 Wawan kembali ke Sumatera dan akhirnya pada tahun 2015 mencalonkan diri sebagai Kades Ulak Pandan. Berkat dorongan dan partisipasi masyarakat, akhirnya dia terpilih hingga sekarang.

Di tahun pertama kepemimpinannya, sudah menunjukan geliat pembangunan di Ulak Pandan. Di bidang agama digalakkan pengajian, di bidang keamanan dan kebersihan terbukti pada hari Jadi Kota Lahat yang ke 148 beliau menjadi Kades Teladan se-Kabupaten Lahat. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan, bahkan kalau bisa dapat ditingkatkan lagi.

Laporan : Idham/Novita
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre