AcehSecond Headline

Dana Desa 2020 Fokus Peningkatan SDM dan BUMDes, Pengamat : Saatnya Desa Merdeka di Aceh

Sumateranews.co.id, BIREUEN – Salah satu program Kemendikbud yang dapat mendorong SDM adalah Kampus Merdeka. Melalui program ini, Kemendes Abdul Halim Iskandar mengatakan, langkah ini merupakan peluang gotong royong antara Kemendes dan civitas akademika untuk membangun dari desa. Tujuan utamanya untuk meningkatkan SDM dan Transformasi Ekonomi Desa melalui BUMG/BUMDes, Selasa (25/2/2020)

Pengamat sosial yang juga akademisi dari UNIGHA Sigli, Ramlan SPd MHum menyambut baik program tersebut, saatnya pembangunan desa di prioritaskan untuk peningkatan SDM.

“Melalui kerjasama antar Civitas Akademika Universitas dan perangkat desa, melalui mengkaji permasalahan dan potensi yang ada di desa, serta mencari alternatif sekaligus solusi membangun desa berbasis potensi,” ujarnya.

Sementara itu, Rahmat Asri Sufa SH SPd.I MPd Akademisi uda asal Bireuen yang juga Direktur BUMG Paya Cut Jaya mengungkapkan, visi pemberdayaan SDM yaitu mewujudkan penguatan ekonomi di desa. Saatnya desa-desa di Aceh merdeka dari kemiskinan, melalui pelatihan, bimtek, lokakarya, ekonomi kreatif dan program positif lainnya yang dapat dijalankan melalui kerjasama perangkat desa dan universitas yang ada di Aceh.

“Jangan hanya terfokus pada pembangunan fisik dan infrastruktur, Otsus tidak lah permanen begitu juga dengan Dana Desa”, ungkap Wakil Bendahara DPD KNPI Bireuen Bidang Pemberdayaan Gampong.

Dikatakannya, saya dan Abang Ramlan sudah membangun komunikasi, serta berbagi informasi di salah satu event di Banda Aceh beberapa hari yang lalu, bahkan kami sependapat Dana Desa 2020 harus fokus pada peningkatan SDM dan BUMDes.

“Selama ini, pemerintah desa hanya fokus pada program yang gampang diukur sebagai hasil dari proses pembangunan karena bentuknya yang bisa dilihat secara fisik, sebenarnya PR besar adalah pembangunan daya fikir manusia sebagai daya saing di masa mendatang,” tutup Rahmat Asri Sufa.

Laporan : Sulthan

Editor : Abiyasa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button