Dana Belum Cair, PPS Beli ATK Pilpres dari Kantong Pribadi

0
982
Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dinerson SH MH. (foto: dok)

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Belum jelas, kapan cairnya dana Alat Tulis Kantor (ATK) penyelenggaraan tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018. Karenanya, Panitia Pemilihan Suara (PPS) pun mengeluhkannya, lantaran tak jarang mengeluarkan dana pribadi untuk keperluan ATK.

Salah satu nara sumber mengatakan bahwa sudah 7 bulan dana ATK Pileg dan Pilpres tak kunjung cair. “Penyelenggaraan tahapan Pileg dan Pilpres, sudah mulai berjalan sejak Maret lalu. Tetapi, dana ATK belum juga jelas pencairannya kapan,” ujar salah seorang PPS yang tak mau disebutkan namanya, Minggu (9/9/2018).

Katanya, perbulan dana ATK tersebut sebesar Rp 1,5 juta. Menurutnya, kalau sedikit tidak masalah memakai uang pribadi. Tetapi, tak jarang dana ATK yang dikeluarkan besar.

“Kalau keluar uang pribadi terus, lama- kelamaan bisa bangkrut kita. Sementara itu, fotokopi berkas untuk keperluan Pileg dan Pilpres harus terus,” akunya.

Ia berharap, uang ATK tersebut segera cair. Sehingga, tidak perlu nombok setiap keperluan ATK tersebut di PPS. “Kita bingung mau mengadu kemana dan bertanya kemana, soal ATK tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dinerson SH MH dikonfirmasi menjelaskan, kalau dana ATK Pileg dan Pilpres memang belum cair. Dikarenakan, terkendala proses pencairannya lantaran menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Mohon bersabar, karena memang belum cair dananya. Karena, ada kendala pada proses pencairannya. Dan, butuh proses. Nantinya, jika cair dananya akan kita transfer ke rekening PPK. Lalu, selanjutnya disalurkan ke PPS. Termasuk, dana ATK Pileg dan Pilpres,” bebernya.

Bukan hanya dana ATK saja, gaji PPS dan PPK juga selama 3 bulan belum dicairkan untuk penyelenggaraan Pileg dan Pilpres. “Kalau sudah cair, tentunya akan kita bayarkan,” janjinya.

Laporan          : AD
Editor/Posting : Imam Ghazali