Dampak Pandemi Covid-19, 89 Napi Lapas Kelas IIB Prabumulih Dapat Asimilasi

97

Sumateranews.co.id, PRABUMULIHSEBANYAK 89 narapidana (Napi) penghuni Lapas Kelas IIB Prabumulih mendapatkan hak asimilasi dan integrasi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Kamis (02/4/2020) siang.

Kepala Rutan Kelas IIB Prabumulih, Reza Meidiansyah Purnama Amd IP SH, mengatakan, hak asimilasi dan integrasi diberikan kepada 89 napi yang telah menjalani tahanannya dua per tiga (2/3) dari masa hukumannya.

“Jadi dia sudah mau masuk dua per tiga dari masa tahanannya, berkelakuan baik dan juga ada syarat syarat lainnya. Selama di rumahnya mereka tetap akan dibina dan diawasi oleh petugas Balai Pemasyarakatan (Bapas) dari Palembang,” ungkap Reza, saat dibincangi awak media, Kamis (02/4/2020) siang.

Dijelaskan Reza, pemberian asimilasi (Napi di rumahkan) kepada para tahanan sebagai tindaklanjut dari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No 10 Tahun 2020. Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan covid-19.

“Ini berlaku diseluruh Indonesia, dan diberlakukan mulai hari ini, per 1 April sampai 7 April 2020 nanti,” imbuh Reza.

Masih dikatakan Reza, dari sebanyak 118 tahanan Napi yang diusulkan hanya 89 diantaranya yang dikabulkan karena memenuhi syarat dan ketentuan. Dengan rincian tahanan pria berjumlah 81 orang, wanita 2 orang, dan 6 anak-anak.

“Prosesnya bertahap mulai hari ini, baru 20 orang dulu, besok kita lakukan lagi sampai total semuanya 89 napi, ada napi wanita 2 orang, dan anak-anak 6 orang,” sebut Reza.

Lebih lanjut Reza menjelaskan, pelaksanaan asimilasi adalah yang pertama kali dilakukan oleh Kemenkumham menyusul adanya pandemi Covid-19 yang saat ini penyebarannya terus meluas sehingga dikategorikan sebagai bencana nasional.

“Ini diberlakukan sampai masalah wabah Covid-19 ini selesai, dan sudah tidak ada lagi. Dan selama mereka (napi) di rumahkan, mereka akan tetap selalu di monitoring dan dibina oleh Bapas, ada 3 Bapas yakni, dari Palembang, Baturaja, dan Lahat,” tandas Reza.

7 April 2020, Laksanakan Sidang Online Perdana

Lapas kelas IIB Prabumulih tak hanya melakukan asimilasi, juga akan melaksanakan proses sidang online yang akan digelar pada Selasa, 7 April 2020 nanti. Pelaksanaan sidang online perdana ini dilakukan untuk bersama mencegah, dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19).

“Ini perdana kita lakukan, pada 7 April nanti. Kita sudah siapkan tempatnya di ruang conference pers, nanti para hakim pengadilan negeri, kejaksaan, akan bersidang secara online dan untuk persiapan alat alat termasuk aplikasi zoom nya sudah ada,” jelas Kepala Rutan Kelas IIB Prabumulih, Reza Mediansyah Purnama Amd IP SH, yang saat dibincangi didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Efan Armen SH, Kamis (02/3/2020) siang.

Disingung soal kasus pidana yang akan disidangkan, dijelaskan Reza, pihaknya belum mengetahui karena masih menunggu koordinasi dari pihak pengadilan dan kejaksaan.

“Sidangnya sudah fix tanggal 7 April 2020, tapi kasus apa yang akan disidangkan belum ada koordinasi ke kita, kita berharap uji coba sidang online perdana ini bisa berjalan lancar dan aman,” tegasnya, seraya menambahkan selama masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya sudah tidak lagi menerima tahanan titipan dari kepolisian dan kejaksaan.

Laporan : Gun
Editor    : Abiyasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here