Dampak Debu Batubara Dinilai Masih Rendah

0
210

 

Sumateranews.co.id, LAHAT- Meski debu stock file batubara bagi masyarakat sudah merisaukan, namun hal itu justru dinilai masih dalam tahap wajar atau masih rendah.

‘’Debu stock file dari batubara yang terjadi akhir-akhir  di Desa Suka Cinta Merapi Barat ini masih tergolong rendah,’’ nilai Ubaidilah Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Lahat ketika ditemui Sumateranews Senin (7/08), di ruang kerjanya.

Namun di sisi lain, pihak Dinas Kesehatan Lahat juga telah melakukan upaya dan kerja sama dengan perusahaan  seperti PT Mas untuk mengatasi masalah debu tersebut. ‘’Dan 4 puskesmas yakni Puskesmas Merapi 1, Merapi II, GGB, dan Puskesmas Muara Lawai
siap membantu jika terjadi permasalahan ISPA (infeksi pernapasan akut),’’ cetus Ubaidilah.

Hal yang sama juga diutarakan oleh dr. Erlinda selaku Kasi Pencegahan Penyakit Dinkes Lahat. ‘’Kita juga telah mengimbau kepada  pihak perusahaan untuk menutup angkutan pembawa batubara agar debunya tidak berhamburan, melakukan cek up dan pengobatan gratis terhadap anak-anak serta memberikan masker berstandar  kesehatan,’’ tegas Erlinda.

 

Laporan   : Novita

Editor      : Imam Ghazali

Posting     : Andre