Daftar Capai Belasan Ribu, Peserta Fun Run untuk Indonesia Dibatasi Tiga Ribu

0
111

Sumateranews.co.id – Diserbu hampir dua puluh ribu pendaftar, “Fun Run Untuk Indonesia” seolah menjadi jawaban jika Sumatera Selatan (Sumsel) siap menjadi tuan rumah Asian Games (AG) Agustus mendatang.

Menurut Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Maddang, antusiasme masyarakat Sumsel khususnya Palembang terbilang sangat tinggi. Bahkan, jika tidak dibatasi, peserta Fun Run bisa mencapai belasan ribu orang.

”Dari pelaksanaan Fun Run di 29 negara dan 31 kota se-Asia, Palembang memecahkan rekor antusiasme tertinggi. Itu berarti bahwa masyarakat Sumsel memang tengah dilanda demam AG,” ujarnya pada konferensi pers yang digelar di Griya Agung, Sabtu, (30/6).
Masih kata Muddai, dari pendaftaran online yang dibuka, ada hampir mencapai dua puluh ribu pendaftar. Namun panitia membatasi sekitar 3.000 orang saja. “Semua peserta yang ikut event akan mendapatkan medali, dan 5 hadiah menarik bagi lima orang pemenang,” ungkapnya.

Dijelaskan, Fun Run untuk Indonesia akan digelar pada 1 Juli besok di Jakabaring Sport City (JSC). Event yang diikuti ribuan peserta tersebut akan menempuh jarak sekitar 6,3 kilometer mengeliling komplek JSC.

“Event yang diikuti sekitar 3.000 peserta dan dilaksanakan serentak di dua kota tuan rumah AG (Jakarta dan Palembang), mulai start pada pukul 06.45 WIB,” ujarnya.

Besok, lanjutnya, para peserta event akan mengelilingi venue-venue di JSC yang akan digunakan dalam ajang olahraga terbesar ke dua di dunia itu.

“Kami berharap agar seluruh pihak membantu menggelorakan semangat AG khususnya di Kota Palembang, karena satu keistimewaan bagi Indonesia menjadi negara penyelenggara AG 2018,” harapnya.

Untuk diketahui, Fun Run Untuk Indonesia adalah sosialisasi AG dan bukan sebuah kompetensi. Untuk pendanaan event, panitia mendapatkan bantuan dari Olympic Council Asia (OCA) sekitar US 700. Namun jika ditotalkan, penggunaan dana kegiatan bisa mencapai Rp 500 juta. Untuk mengatasinya, panitia bekerjasama dengan beberapa sponsor.

Konferensi pers juga dihadiri perwakilan OCA, Mr Jim, Ketua Deputy 1 Games Operation Inasgoc, Hari Warganegara, Direktur Departemen Akomodasi Inasgoc, Joana Ambarwati, Sekretarias Panitia Daerah Inasgoc Sumsel, Ahmad Takwa, dan Plt Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, Inanda
Karina.
Laporan          : Irfan/Yudi/Syarif
Editor Posting : Imam Ghazali