CV Karya Abadi Buat Bak Tampung Limbah dan Sirkulasi Air Tambang Secara Tertutup

237

Sumateranews.co.id, BANGKA- Tambang darat jenis TN milik CV Karya Abadi dikolong Kapal (Air Bulur) Kelurahan Sinarjaya Sungailiat membuat bak tampungan limbah dan bak Sirkulasi air tambang secara tertutup.

Penanggung Jawab Operasi (PJO) tambang, Ahen menyampaikan mereka membuat bak sirkulasi secara tertutup dengan kedalaman kurang lebih 5 meter.

“Dari air limbah tambang yang jatuh dari Sakan, kita endapkan di bak tampung pertama ini. Setelah tampungan bak air ke 2¬† penuh, maka disedot lagi dari bak ke 2 tersebut untuk menyemprot,” ujarnya sambil menunjuk ke lokasi bak tampung, Sabtu (3/8/2019).

Ia katakan, bak penampungan sirkulasi tersebut ada 2, yakni bak 1 untuk pengendapan dan 1 nya lagi untuk penampung air bersihnya.

“Jadi air limbah tambang yang jatuh ini, tidak dibuang kealiran sungai lagi. Karena kita sudah membuat solusi berupa tanggul dan pok-pok,seperti bak tampung ini,” katanya.

Lebih lanjut, pembuatan bak tampungan limbah ini juga dilakukan bimbingan dan pengawasan dari pihak PT Timah tbk.

“Kalaupun ada keluhan atas kebocoran limbah dari bak tampung ini. Kami selalu menerima respon dan siap tanggap,” ungkapnya.

Laporan : Suyanto

Posting  : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here