Curi Uang di SPBU, Dua Pemuda Diringkus Polsek Pemulutan

0
347

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Dua pemuda yakni Mursid (17) dan Sutrisno (22) yang tercatat sebagai warga Desa Gelebek Dalam Dusun 2 Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin diringkus oleh jajaran Polsek Pemulutan di Jalan Lingkar Selatan SPBU Codo Desa Pegayut, Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (18/5) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kedua pelaku diciduk karena sudah melakukan modus pencurian uang di SPBU sebanyak Rp 5.400.000 dengan cara berpura-pura mengantre untuk mengisi bensin.

Kapolsek Pemulutan AKP Zaldi SH M.Si didampingi Kanit Reskrim Ipda Adrian Chandra,SH mengatakan penangkapan pelaku berdasarkan laporan dari pengawas operator SPBU Fauzi (30) atas laporan dari petugas Yuliana selaku operator pompa nomor 4 sedang melakukan kegiatan pengisian BBM di SPBU Codo Desa Begayut.

“Pada waktu akan menghitung uang di laci  melihat uang sebanyak Rp 5.400.000 yang sebelumnya petugas operator tinggalkan di dalam laci, sudah tidak ada lagi. Kemudian petugas operator Yuliana melapor kepada Fauzi selaku pengawas SPBU, lalu melapor ke Pos Polisi Begayut yang mana anggota sedang berkumpul untuk melaksanakan apel pagi,” kata Kapolsek kepada awak media, Jumat (18/5).

Masih jelas Zaldi, kemudian anggota opsnal bersama Kapospol dan Pengawas SPBU langsung mengecek CCTV didapatkan ciri-ciri yakni 2 orang laki-laki dengan ciri satu berbaju kaos hitam, celana jeans hitam, kurus dan yang satunya memakai sweater warna hijau hitam, celana jeans biru. Dan menggunakan sepeda motor Honda Vario Techno warna putih BG 3654 JAK yang keluar SPBU mengarah ke simpang 4 Nilakandi.

“Kanit Reskrim Ipda Adrian Chandra SH dan Kapospol Begayut Aipda Noofi beserta anggota opsnal melaksanakan giat KKYD di simpang Jalan Tol Desa Ibul Besar III, sembari menunggu kemungkinan pelaku melintas, dan benar sekitar pukul 20.00 WIB pelaku melintas dengan menggunakan pakaian dan motor yang sama,” terangnya.

Lanjutnya, kedua palaku langsung diamankan di pinggir jalan lingkar Selatan Desa Ibul  Besar III Kecamatan Pemulutan OI, lalu dua pelaku langsung dibawa ke SPBU untuk melihat rekaman CCTV. Setelah itu kedua pelaku mengakui perbuatannya.

“Dari pengakuan pelaku Mursid mengakui uang tersebut sudah digunakannya untuk membayar utang kepada rekan-rekannya dan membeli handphone samsung uang yang tersisa ditemukan dari pelaku Rp. 340.000 dan dari pelaku Sutrisno ditemukan uang Rp. 100.000 yang diberikan oleh tersangka Mursid,” ungkapnya.

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolsek Pemulutan dan kedua pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP dengan hukuman penjara 3 tahun,” imbuhnya kepada awak media.

Laporan          : Lubis

Editor/Posting : Imam Ghazali