CSR JOBP-Jadestone OK Layak Jadi Panutan Perusahaan Migas

0
398

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Keberhasilan Program CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan program yang dijalankan perusahaan untuk bisa memberikan dampak sosial pada lingkungan, tidak bisa diukur dari segi kuantitas dan kualitasnya saja.

Sebab apalah artinya bantuan CSR, jika justru membuat masyarakat yang berada di Ring 1 perusahaan justru jadi manusia pengharap. Karena itu, keberhasilan program CSR dapat mencapai hasil yang diharapkan jika masyarakat sekitar termotivasi dan inovasi akan bantuan yang diberikan.

Jika kita mengaca kepada PT Telkom Indonesia yang menjalankan program Indonesia Digital Learning (IDL) yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai The Best Program oleh The La Tofi School of CSR tahun lalu, maka hal sama layak juga penghargaan itu kita berikan kepada Air Serdang Field JOBP-Jadestone OK (Ltd) atau Joint Operating Body Pertamina Talisman Ogan Komering Ltd yang berada di Kecamatan Peninjauan OKU-Baturaja Provinsi Sumsel.

Mengapa demikian?  Berdasarkan pengakuan Kades Makartima Kecamatan Peninjauan dan istri, Ketua RT, dan warga di Ring 1 serta hasil pantauan sumateranews.co.id di lapangan, Kamis (5/10), bantuan CSR yang diberikan perusahaan Serdang Field JOBP-Jadestone OK (Ltd) atau Joint Operating Body Pertamina Talisman Ogan Komering Ltd, CSR diberikan perusahaan minyak dan gas tersebut sangatlah tepat sasaran, juga warga memiliki sesuatu yang baru untuk dikembangkan. Artinya, setiap barang dan fasilitas yang diberikan memiliki nilai plus. Dimana warga tak hanya terbantu, namun justru menjadikan mereka lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan setiap jengkal tanah desa.

‘’Untuk Desa Makartima, kita mendapatkan bantuan CSR berupa fasilitas pendidikan atau rumah pintar, pupuk, bibit, dan ikan, juga alat-alat pertanian,’’ ujar Wargiso.

Untuk fasilitas pendidikan misalnya. CSR yang diberikan berupa buku-buku pelajaran dan buku-buka agama. Dalam pantauan di lapangan, para anak usia dini dan usia sekolah tampak memenuhi rumah pintar yang letaknya sekitar 50 meter saja dari Kantor Kades Makartima. ‘’Di rumah pintar ini, para anak usia dini atau prasekolah dan para siswa SD sepulang sekolah datang ke sana. Mereka membaca beragam buku keilmuan dan keagamaan yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah. Dengan begitu, rumah pintar bantuan CSR Talisman Ogan Komering Ltd begitu membantu para siswa. Minat baca mereka amat tinggi. Bahkan para anak yang belum bisa membaca jadi termotivasi untuk belajar membaca,’’ ujar istri Kades Makartima, Setyati.

Selain rumah pintar, CSR Serdang Field JOBP-Jadestone OK (Ltd) atau Joint Operating Body Pertamina Talisman Ogan Komering Ltd juga memberikan pupuk dan bibit sayuran. ‘’Kalau untuk bibit ya macam-macam Pak. Mulai bibit kangkung, sawi, bayam, kacang panjang, hingga bibit karet. Kalau kami ibu-ibu hanya mengelola sayur-sayuran saja secara berkelompok. Sedangkan untuk bibit pohon karet ya Bapak-Bapaknya yang mengelola,’’ ujar Mardiah sambil menunjuk kebun kangkung dan kacang panjang yang luasnya sekitar ¼ ha.

Saat wawancara turun hujan lebat sehingga Mardiah hanya bisa menunjuk dari kejauhan ke arah kebun yang dimaksud. Kebun itu tampak subur dan segar memanjakan dan menyejukkan mata saat memandangnya.

Dari hasil panen sayuran, para ibu di Desa Makartima memiliki masukan sekitar Rp 300.000 sekali panen sayur kangkung, dan Rp 500.000 untuk kacang panjang. ‘’Uang hasil panen itu dikumpulkan ke ketua kelompok, lalu kami belikan bibit lagi agar dapat ditanam juga di lahan masing-masing anggota kelompok,’’ aku Mardiah.

Bagaimana dengan pupuk? ‘’Alhamdulillah, kalau untuk pupuk. Pihak perusahaan Talisman (istilah warga setempat menyebut Serdang Field JOBP-Jadestone OK, Ltd, red) selalu memberikan bantuan sesuai permintaan. Begitu juga dengan bantuan bibit. Hanya saja untuk setiap bantuan bibit kita kembangkan lagi. Artinya tak hanya untuk kelompok, namun kini sudah menyebar ke setiap anggota kelompok untuk ditanam di pekarangan atau lahan mereka masing-masing,’’ cetus Setyati.

Bahkan kini Kades Wargiso memiliki lahan tanaman hidroponik sayuran dan aneka buah di rumah. Hal itu dilakukan karena terinspirasi dari bantuan bibit dan pupuk dari Serdang Field JOBP-Jadestone OK (Ltd).

Lalu bagaimana dengan bantuan yang lain? ‘’Bantuan lainnya macam bibit ikan lele, patin, nila, dan gurami. Dari bantuan bibit itu kita kelola secara berkelompok. Dan Alhamdulillah, kini sudah berkembang hingga masing-masing anggota rata-rata sudah memiliki kolam sendiri-sendiri. Untuk makanan ikan, semula kita mendapatkan bantuan perusahaan, kini sudah mulai kita beli sendiri,’’ ujar Ketua RT 10 Desa Makartima, Trismo.

Hal yang sama juga dilakukan terhadap bantuan bibit karet. ‘’Tapi karena pohon karet masa panennya lama, maka tetap kita kelola secara berkelompok,’’ tegas Trismo, apa adanya.

Bagaimana dengan pemasaran? ‘’Untuk pemasaran, pihak perusahaan juga membantu memasarkannya. Baik itu ke karyawan maupun toko-toko terdekat. Terlebih untuk pemasaran produk aneka kerajinan tangan, maka dalam kurun waktu tertentu pihak perusahaan memberikan bimbingan strategi pemasaran produk kerajinan kepada para ibu. Dengan begitu kami tak lagi mengalami kesulitan untuk menjualnya di pasaran,’’ tandas Setyati.

Di sisi lain, sumateranews.co.id juga berusaha menggali lebih mendalam tentang sisi lain kehadiran CSR Serdang Field JOBP-Jadestone OK (Ltd) atau Joint Operating Body Pertamina Talisman Ogan Komering Ltd, di masyarakat Desa Makartima.

Kehadiran perusahaan migas itu ada sisi negatifnya atau tidak? Misalnya dampak negatif pengeboran atau jika terjadi insiden ledakan karena faktor kelalaian dan atau tindakan pencurian pipa? ‘’Kalau kami kaum ibu-ibu di sini sama sekali tidak merasakan adanya dampak negatif pihak perusahaan Talisman. Kami tidak mengada-ada Pak. Kalau tidak percaya ya Bapak buktikan sendiri, tanyain setiap warga di sini,’’ jawab Mardiah yang diiyakan secara serempak oleh puluhan ibu yang ada di sampingnya.

Catatan  penulis: Setiap bantuan CSR Serdang Field JOBP-Jadestone OK (Ltd) atau Joint Operating Body Pertamina Talisman Ogan Komering Ltd memberikan nilai kreativitas dan inovatif buat warga Ring I. Hal itu sejalan dengan sebuah kisah Rasulullah SAW yang memberikan hanya memberikan pancing bukan ikan kepada pengemis atau memberikan parang bukan kayu yang bisa langsung dijual. Hal itu berefek baik, sebab warga termotivasi untuk mandiri alias tak bergantung kepada pihak lainnya demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan alasan inilah, maka layak jika CSR Serdang Field JOBP-Jadestone OK (Ltd) menjadi contoh atau panutan perusahaan migas lainnya, bahkan layak masuk nominasi penerima The Best Program oleh The La Tofi School of CSR yang telah diterima PT Telkom Indonesia, aamiin.

Penulis/Laporan   : Imam Ghazali

Posting                  : Andre